VRP Village Resource Planning Sebagai Dasar Penataan Perekonomian Desa.

salinan dari salinan dari salinan dari menata ekonomi di era pandemi(2)

VRP ( Village Resource Planning ) atau perencanaan sumberdaya desa adalah sebuah sistem informasi dan komunikasi dengan aplikasi VRP untuk mengelola lini belakang Bisnis BUM Desa untuk mempercepat, mempertangkas dan memudahkan dalam perencanaan hingga menyajikan sebuah produk BUM Desa untuk menjawab kebutuhan, masalah dan harapan masyarakat.




 

Sejarah VRP ( Village Resource Planning ).

Village Resource Planning adalah sebuah sistem yang dikembangkan dari konsep ERP ( Enterprise Resource Planning ) yang oleh Biizaa Asia dikembangkan untuk BUM Desa yang lebih bersifat sosial atau social enterprise.




Bagaimana System Village Resource Planning?

Village Resource Planning adalah sebuah sistem informasi yang mengolah data keuangan, sumberdaya manusia, sumberdaya bahan, sumberdaya pemasok / suplyer, sumberdaya pengiriman dan semua aspek lini belakang perusahaan untuk diolah menjadi sebuah informasi guna mengambil keputusan bisnis yang cepat, tepat dan mudah untuk menjawab kebutuhan, masalah dan harapan konsumen masyarakat.

Bagaimana Deskripsi Village Resource Planning ?

Dengan Village Resource Planning, apabila ada permintaan pasar akan segera mampu menjawab dengan produk BUM Desa, karena telah memiliki data dan informasi bahan baku, supplyer, sumberdaya manusia, pengiriman, stok dan lain lain, sehingga mempercepat, mempermudah dan mempertangkas apabila ada permintaan produk dari pasar. Logikanya jika ada permintaan produk, segera dengan mudah dikondisikan siapa modalnya, siapa sumberdaya manusianya, siapa supplyer nya, apa bahan bakunya dan bagaimana dikirimkan pada konsumen.




Apa saja manfaat dari Village Resource Planning ?

Efisiensi

Dengan Village Resource Planning akan mampu menyederhanakan proses bisnis karena seluruh data dan informasi lini belakang BUM Desa telah disediakan untuk mengambil keputusan usaha. Hanya dengan satu dashboard akan dapat digunakan sebagai alat bantu mengambil keputusan usaha baik oleh internal manajemen BUM Desa, Pembina dan Pengawas Secara Online.Tidak perlu cek stok, cek keuangan, karena semua laporan keuangan sudah tersedia dan para stake holder tinggal membuka akun laporannya.

Kolaborasi

Dengan Village Resource Planning manajemen BUM Desa dapat dilakukan kolaborasi dari berbagai pihak dalam mencatat, menganalisa dan mengambil keputusan usaha BUM Desa, pihak kasir bisa melakukan jurnal, pihak gudang bisa melakukan pencatatan keluar masuk barang atau stok, dan pembina serta pengawas secara otomatis dan online bisa melihat pertumbuhan BUM Desa serta mampu memberikan saran atau advice kepada BUM Desa.

Penghematan

Dengan Village Resource Planning akan mampu melakukan penghematan diantaranya adalah biaya membuat laporan hardcopy, biaya rapat dan konsumsi, dan biaya biaya lain karena telah dilakukan otomatisasi.




Pengambilan Keputusan Lebih Akurat.

Dengan Village Resource Planning pengambilan keputusan berdasarkan data dan informasi sehingga akan lebih akurat, bisa dipertanggungjawabkan dan dianalisa serta diputuskan dengan lebih akurat.

Kapan Sebaiknya Menggunakan Village Resource Planning ?

Penggunaan Village Resource Planning lebih baik dilakukan di awal BUM Desa didirikan, sehingga BUM Desa lebih akuntable dan dapat digunakan untuk menganalisa usaha BUM Desa.

Untuk belajar dan mencoba sistem VRP ( Village Resource Planning ) silahkan menghubungi Biizaa Asia.

Bagikan manfaatnya..

Bagaimana komentar anda ?