AYO SEKOLAH ONLINE DI >>
Pendaftaran Penjual Vee Sesela

VEE | Sharing Economy sebagai solusi mempercepat kemandirian ekonomi desa.

VEE ( Village Economic Empowerment ) dalam pemberdayaannya menggunakan konsep Sharing Economy atau Ekonomi Berbagi, ekonomi berbagi atau ada yang menyebut dengan Gig ekonomi adalah model ekonomi yang sering didefisiniskan sebagai aktivitas berbagai peer to peer (P2P) untuk memperoleh, menyediakan, atau berbagi akses ke barang dan jasa yang difasilitasi oleh platform online berbasis komunitas ( desa ).




 Sharing economic dapat dicontohkan dengan mudah di suatu desa memiliki masalah transportasi, meka BUMDes atau Desa membuka usaha transportasi untuk pendapatan desa melalui BUMDes, maka BUMDes membuka usaha transportasi dengan memanfaatkan pemiliki kendaraan bermotor di desa untuk dijadikan ojek online. Maka dengan begitu penduduk lain tidak perlu membeli motor banyak banyak tetapi bisa menyewa motor atau ojek motor dengan warga desa lainnya yang diatur dalam aplikasi ojek online. Maka ada beberapa keuntungan yang diperoleh adalah sebagai berikut:

  1. Desa mampu meningkatkan pendapatan asli desa melalui usaha bumdes ojek online.
  2. Masyarakat yang punya motor bisa bekerja baik orangnya maupun motornya.
  3. Masyarakat yang tidak memiliki motor bisa menyewa atau diantar oleh ojek online desa.

Ojek online tersebut hanya sebagai contoh, tetapi dalam hal sewa menyewa, bisa saja bukan hanya sepeda motor atau ojek online, melainkan perabot perabot rumah yang tidak digunakan bisa dimanfaatkan untuk usaha bersama dalam sharing economic melalu platform Village Economic Empowerment. Sharing Economy memungkinkan masyarakat memiliki pendapatan tambahan dari barang barang yang kurang bermanfaat bagi mereka bisa bermanfaat bagi orang lain.




Maka dalam VEE ( Village Economic Empowerment ) tersebut memberikan fasilitas atau platform kepada masyarakat untuk menjual produknya baik berupa barang dan jasa, serta menyewakan assetnya atau peralatannya agar dimanfaatkan orang dan mendapatkan imbalan.

Ke depan VEE ( Village Economic Empowerment ) akan terus dikembangkan melalui feature feature seperti:

Co Working Platform, yaitu desa menyediakan ruang kerja terbuka bagi masyarakat, profesional, pengusaha dan karyawan untuk saling bertemu dan saling menyelesaikan problem serta memenuhi kebutuhanya.

Lending Platform, yaitu desa menyediakan pinjam meminjam uang kepada sesama masyarakat dengan harga jasa yang lebih murah dibandingkan dengan lembaga keuangan konsvensional dan dijamin oleh Desa.




Biizaa Asia terus mengembangkan platform plaftorm dalam rangka membangun kemandirian desa. Bekerjasama dengan pemerintah daerah dan desa untuk membangun aplikasi VEE ( Village Economic Desa ).

Di bawah ini adalah contoh aplikasi dan feature VEE ( Village Economic Empowerment ).

 

Apakah tulisan ini bermanfaat?...

Klik bintang untuk menilai

Rata Rata Penilaian 0 / 5. Jumlah Vote: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.


Bagikan manfaatnya..
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

BIIZAA ASIA
Ada yang bisa kami bantu? .
Image Icon
Profile Image
Biizaa Service Perlu bantuan ? Online
Biizaa Service