Ukuran Memilih Kepala Daerah Sebagai Pemimpin Birokrasi dan Pemimpin Sosial.

Di akhir tahun 2024 ini diwarnai pesta demokarasi atau pesta politik untuk memilih calon Kepala Daerah dan Calon Wakil Kepala Daerah, baik sebagai pemimpin birokrasi dan pemimpin sosial. Lalu apa saja yang menjadikan variable untuk mengukur dan menentukan pilihan. Berikut pengamat hukum dan politik Supriadi Asia menyampaikan beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih seorang calon kepala daerah maupun wakil kepala daerah sebagai berikut :




  1. Atittude ( perilaku ) atau sikap mental calon, yang tentunya terdiri dari kejujuran, kedisiplinan, motivasi kerja dan sikap lain yang perlu dipertimbangkan. Perilaku adalah hal yang mendasar, karena perilaku yang akan mempengaruhi hal hal lain dalam kepemimpinan.
  2. Knowledge ( pengetahuan ) yaitu pengetahuan yang dimiliki oleh calon kepala daerah, karena dengan pengetahuan akan memiliki banyak pertimbangan atau literasi dalam mengambil keputusan. Kualitas keputusan akan ditentukan pengetahuan calon pemimpin.
  3. Skill ( ketrampilan ), ketrampilan akan mampu menyelesaikan tugas, atau mencapai kinerja yang diharapkan. Karena tanpa ketrampilan pemimpin tak akan memiliki cara dan pengalaman untuk mencapai tujuan.
  4. Tools ( peralatan ) atau alat bantu untuk menyelesaikan tugas atau mencapai kinerja, dengan tools atau peralatan akan meningkatkan hasil secara efektif, efisien dan berlipat ganda. Sehingga kemampuan memiliki dan menjalankan alat atau teknologi sangat mempengaruhi dalam menjalankan kepemimpinan.




 

Sebagai pemimpin birokrasi calon kepala daerah butuh memiliki perilaku, pengetahuan, ketrampilan dan teknologi untuk mengendalikan pemerintahan mencapai tujuannya. Sebagai pemimpiin sosial calon kepala daerah butuh memiliki perilaku, pengetahuan, ketrampilan dan teknologi untuk mempengaruhi psikologi masyarakat, komunikasi masyarakat untuk mampu menggerakan atau memotivasi dalam pencapaian pembangunan. ( Supriadi Asia ).

Tinggalkan Komentar

Scroll to Top