Tutorial Menyusun Anggaran Perusahaan Barang Satu Tahun dan Download Templatenya

Pemahaman Anggaran Perusahaan Barang.

Anggaran perusahaan merupakan arah dan pengendali perusahaan di bidang keuangan, sehingga perusahaan terukur, tertarget dan terkendali arah keuangannya. Sehingga mampu untuk mengeliminasi biaya biaya yang menjadikan pemborosan perusahaan.




Anggaran Perusahaan Barang

Anggaran perusahaan barang adalah sebuah anggaran perusahaan yang pendapatan pendapatannya diperoleh dari penjualan barang, sehingga untuk menentukan laba dibutuhkan penjualan ( pendapatan ) dikurangi harga pokok penjualan dan biaya di luar harga pokok penjualan yang butuh diramalkan dalam anggaran perusahaan.

Manfaat Menyusun Anggaran Perusahaan Barang.

  1. Memiliki proyeksi atau ramalan keuangan satu tahun ke depan, baik proyeksi penjualan, pendapatan, beban, pajak dan laba perusahaan.
  2. Memiliki arah satu tahun ke depan tentang keuangan, sehingga bisa lebih fokus hal hal yang perlu dibiayai oleh perusahaan untuk menghasilkan laba maksimal perusahaan.
  3. Mengeliminasi pemborosan, karena lebih fokus pada hal hal yang berorientasi kepada konsumen, pendapatan dan laba perusahaan.
  4. Mengetahui kebutuhan pendanaan sumberdaya, baik bahan baku maupun sumberdaya manusia perusahaan dagang.
  5. Membantu pengendalian keuangan, terutama dalam produksi barang barang yang diperdagangkan oleh perusahaan.

Bagaiman menyusun anggran perusahaan barang untuk satu tahun ke depan ?




  1. Memahami produk produk yang diperdagangkan atau diproduksi untuk dijadikan proyeksi penjualan dalam pendapatan perusahaan barang, sumber pendapatan ( revenue stream ), tergantung dari jumlah produk yang dijual atau diproduksi.
  2. Menyusun Nilai Pendapatan, setelah mengetahui produk produk yang diproduksi dan diperdagangkan adalah menyusun nilai penjualan atau pendapatan dari setiap produk yang diperdagangkan atau diproduksi oleh perusahaan.
  3. Memahami Beban Perusahaan, baik beban untuk memproduksi suatu barang ( harga pokok penjualan ) maupun beban beban di luar produksi atau di luar harga pokok penjualan.
  4. Menetapkan Nilai Harga Pokok Penjualan, dengan menghitung seluruh biaya untuk memperoleh atau suatu barang dari setiap barang yang diproduksi dan diperjualbelikan. Dalam menetapkan nilai harga pokok penjualan dibutuhkan proyeksi harga bahan baku satu tahun ke depan.
  5. Menetapkan Nilai Beban di luar harga pokok penjualan, sehingga bisa membedakan antaran beban untuk memperoleh dan memproduksi barang dan biaya biaya di luar untuk memproduksi barang.
  6. Setelah memahami produk, proyeksi pendapatan, proyeksi beban atau biaya, maka dibutuhkan menetapkan laba atau pertumbuhan laba perusahaan dari tahun sebelumnya, sehingga untuk mendapatkan laba sebagaimana yang ditargetkan di akhir tahun, tinggal mengubah nilai nilai baik pendapatan ( penjualan ) maupun beban beban dalam satu tahun.




Hal tersebut diatas adalah langkah langkah menyusun anggaran perusahaan di bidang dagang maupun manufaktur, dimana dibutuhkan harga pokok penjualan beserta varibel variabel biayanya.
Untuk memudahkan, silahkan download template anggaran perusahaan barang di bawah ini :

Template Anggaran Perusahaan Barang ( Dagang / Manufaktur ).

Bagikan manfaatnya..

Bagaimana komentar anda ?