Tutorial Mendapatkan Konsumen Baru Dengan Customer Acquisition Cost Dalam Bisnis Online

Bagi pengusaha pemula atau start up, tentu hal utama yang harus dikerjakan adalah menciptakan konsumen baru, atau membangun konsumen baru. Karena tanpa konsumen usaha juga tidak akan berjalan dan berkembang, lalu bagaimana cara membangun konsumen baru dengan menggunakan CAC atau Customer Acquisition. Berikut biizaa akan memberikan tutorial membangan konsumen baru.




Ada pepatah apabila kita menawarkan calon pembeli pasti lari, oleh sebab itu harus mengubah pola pemasaran yang langsung menawarkan atau disebut dengan hard selling. Maka agar calon konsumen tidak lari, kita menggunakan strategi soft selling dengan cara memberikan wawasan ( insight ) dan pemahaman / kesadaran ( awareness ), kepada konsumen dengan hal hal yang bermanfaat dan menarik bagi mereka. Dengan begitu maka kita bukan mengejar konsumen, tetapi kita yang dikejar konsumen, karena kita telah memberikan manfaatkan kepada konsumen terlebih dahulu sambil memberikan wawasan dan pemasaran akan pentingnya produk kita untuk konsumen.

Bagaimana langkah langkah membangun konsumen baru ?




Yang pertama adalah memiliki website dengan membangun portofolio yang menarik, sehingga website tersebut dapat dipercaya siapa pemilik dan siapa, dengan memiliki website maka akan terbangun kepercayaan uadiens.

Yang kedua adalah membangun content. Content adalah isi atau informasi yang ada dalam website, dapat berupa tulisan / artikel atau yang biasa disebut dengan blog, bisa dengan video atau multi media. Tentu konten yang dibuat harus menarik pengunjung atau yang disebut dengan nice content.

Yang ketiga adalah melakukan kampanye atau campaign dengan menyebar konten kita ke sosial media, menempatkan di rangking google search 10 besar, membangun back link dan banyak lagi yang bisa dilakukan agar kampanye yang bersisi konten kita tersebar dan meningkatkan pengunjung website kita.




Yang ke empat adalah membangun lead capture, lead capture adalah sebuah startegi bagaimana pengunjung website kita bisa menjadi data calon konsumen kita. Banyak hal yang bisa dilakukan, diantaranya adalah dengan membuat newsletter, atau mendaftar untuk berlangganan artikel melalui website. Dengan mendaftar, maka akan terkumpul database calon konsumen dalam bentuk alamat email yang bisa kita gunakan sebagai target calon konsumen. Selain alamat email juga bisa dengan nomor telephon atau whatsapp dengan cara membuat contact di website kita.

Setelah anda memiliki database calon konsumen secara online, anda dapat melakukan kampanye melalui content content yang anda persiapkan untuk mempengaruhi calon konsumen menjadi pembeli dan menjadi konsumen ( repeat order ).




Bagaimana Customer Acquisition Cost nya ?

Customer Acquisition Cost adalah biaya yang dikeluarkan untuk membangun konsumen baru. Sebagai contoh kasus di atas, anda dapat menginvestasikan untuk membeli domain, hosting, dan membangun website yang memiliki konten menarik ( nice content ), dengan biaya sekitar Rp. 2.000.000,00 ( dua juta rupiah ) di biizaa.com melalui contact whatsapp tercantum di website ini, sebagai alat untuk membantun database konsumen dan memprospek untuk menjadi pembeli hingga menjadi konsumen dengan mudah.

Pengunjung yang telah mengunjungi website dan mengisi contact form atau newsletter selanjutnya dikonversi menjadi pembeli atau konsumen adalah langkah untuk membangun konsumen baru, dan apabila dengan biaya Rp. 2.000.000,00 ( dua juta tersebut dalam waktu 3 tahun anda mendapatkan 2.000 konsumen, maka biaya untuk mendapatkan konsumen tersebut adalah Rp. 2.000.000 / 2.000 = Rp. 1.000, artinya untuk mendapatkan 1 konsumen maka biaya untuk mendapatkan konsumen atau yang disebut dengan CAC ( Customer Acquisition Cost ) hanya Rp. 1.000 ( seribu rupiah ) per konsumen.




Bagaimana membangun website, sekaligus membangun content hingga membangun konsumen baru, biizaa.com senantiasa akan melayani dan mendampingi untuk mendukung kesuksesan para pengusaha online.


Bagikan manfaatnya..
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

BIIZAA ASIA © 2021 Biizaa Asia
Ada yang bisa kami bantu? .
Image Icon
Profile Image
Biizaa Service Perlu bantuan ? Online
Biizaa Service