Tutorial Membuat Proyeksi Penjualan Beberapa Produk Dalam Perusahaan

Proyeksi Penjualan merupakan salah satu kegiatan penting dalam perusahaan, karena dengan proyeksi perusahaan akan memiliki arah baik dalam investasi modal, sumberdaya manusia yang dibutuhkan, bahan baku serta pemasaran yang dilakukan. Maka setiap perusahaan sebelum membuat anggaran perusahaan, dibutuhkan untuk memproyeksi penjualan.

Apakah Proyeksi Penjualan ?

Proyeksi penjualan adalah ramalan penjualan yang dapat diukur mulai harga pokok penjualan, jumlah penjualan, dan jumlah pendapatan serta laba yang akan diperoleh perusahaan.




Apa kegunaan proyeksi penjualan ?

Kegunaan proyeksi penjualan adalah untuk meramalkan kinerja perusahaan di masa yang akan datang, bisa sampai 5 ( lima tahun) ke depan. Selain untuk meramalkan ( forcasting ), juga digunakan sebagai dasar dalam membuat anggaran perusahaan, baik anggaran biaya dalam harga pokok penjuala, overhead maupun biaya biaya lain, juga untuk membuat anggaran perusahaan.

Kegunaan lain untuk membuat proyeksi penjualan adalah ketika kita mengajukan proposal usaha, atau mengajuka rencana usaha yang akan dibiayai pihak lain, sehingga dengan memiliki proyeksi penjualan akan memudahkan untuk membuat proposal usaha, rencana usaha maupun anggaran perusahaan.

Apa saja variable dalam Proyeksi Penjualan ?




Yang pertama adalah memproyeksi produk yang terjual, produk yang terjual dapat diproyeksi melalui data jumlah produk terjual tahun sebelumnya dipengaruhi beberapa faktor lain, sebagai contoh adalah pertumbuhan ekonomi suatu negara. Proyeksi penjualan ini terdiri dari data produk dan jumla produk yang terjual sebagaimana gambar di bawah ini :

proyeksi penjualan produk terjual

Yang kedua adalah memproyeksi harga penjualan produk, memproyeksi harga produk perlu dipertimbangkan berbagai hal, diantaranya adalah proyeksi harga pokok penjualan, ditambah laba yang ditentukan dan juga mempertimbangkan harga pesaing. Sebagaimana gambar di bawah ini :




proyeksi penjualan harga produk

Yang ketiga, adalah menentukan pertumbuhan penjualan dengan membandingkan dari bulan ke bulan, dengan mempelajari faktor faktor pertumbuhan dalam setiap bulan. Dengan pengalaman atau data sebelumnya, kita akan mampu memproyeksi di bulan apa pertumbuhan direncanakan sesuai dengan targetnya. Pertumbuhan ini dinyatakan dalam prosentase pertumbuhan.

proyeksi penjualan rata rata pertumbuhan

Langkah keempat adalah dengan memproyeksi pendapatan, proyeksi pendapatan ditentukan oleh harga jual dikalikan dengan penjualan, sehingga bisa diproyeksi jumlah pendapatan yang diperoleh dari setiap produk di setiap bulannya, sebagaimana gambar dibawah ini :




proyeksi penjualan dalam pendpatan

Langkah kelima adalah menentukan harga pokok penjualan, harga pokok penjualan butuh diproyeksi karena sangat mempengaruhi pendapatan dan laba perusahaan, dengan memproyeksi harga pokok penjualan dengan berbagai faktor terutama harga bahan baku, maka pembelian dapat dikendalikan. Harga pokok penjualan di input dalam setiap bulan hingga memiliki rata rata harga pokok penjualan dalam satu tahunnya. Berikut adalah tabel harga pokok penjualan.

proyeksi penjualan harga produk

Langkah ke enam adalah menentukan laba, baik laba per unit produk maupun laba kotor dari keseluruhan produk. Dengan menghitung harga jual dikurangi harga pokok penjualan, maka kita akan menemukan laba per produk, dan dengan mengalikan seluruh penjualan kita akan menemukan laba global. Menentukan proyeksi laba dalam proyeksi penjualan sangat penting, karena untuk menentukan target perusahaan berkembang dari bulan hingga tahun tahun selanjutnya.




 

Contoh proyeksi penjualan dapat di download di link berikut ini, dan apabila perusahaan anda memutuhkan penghitungan proyeksi penjualan bisa menghubungi kami di whatsapp 085645524839.

Contoh Proyeksi Penjualan 3 Tahun Ke Depan. 


Bagikan manfaatnya..
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Updated: 18/09/2021 — 10:39
BIIZAA ASIA © 2021 Biizaa Asia
Ada yang bisa kami bantu? .
Image Icon
Profile Image
Biizaa Service Perlu bantuan ? Online
Biizaa Service