Tourism Development Service Konsep Fasilitasi Pemerintah Dalam Bidang Pariwisata

Pariwisata merupakan sektor yang memiliki potensi pendapatan yang cukup bagus dalam pemerintahan dan hal yang sangat dibutuhkan adalah pemberdayaan sektor tersebut agar mampu didirikan, bertumbuh, berkembang dan menghasilkan. Oleh sebab itu dibutuhkan sebuah rumusan kebijakan dalam sektor pariwisata secara sistematis, terukur dan terproyeksi.




Tourism Development Service Sebagai Solusi.

Tourism Development Service adalah sebuah sistem layanan pengembangan pariwisata baik secara mikro ( usaha pariwisata ) maupun secara makro ( kebijakan pariwisata) dengan menggunakan sistem komputerisasi sehingga mudah untuk diakses, dimanfaatkan dan bermanfaat bagi sektor pariwisata untuk memenuhi kebutuhan pengembangan, menyelesaikan masalah dan mencapai target pembangunan di bidang pariwisata.

Isu dan Problem Pembangunan Pariwisata

Isu da problem merupakan dasar pembentukan kebijakan publik, dan di sektor pariwisata yang menjadi problem adalah manajemen kinerja ( performance management ) yang mengantarkan usaha pariwisata setelah didirikan bagaimana strategi mencapai tujuannya, yaitu profit dan benefit. Untuk itu dibutuhkan strategi bagaimana mendampingi sektor pariwisata dengan memberikan layanan pengembangan pariwisata dalam bentuk tourism development service.




Apa bentuk Tourism Development Service ?

Tourism development service adalah sebuah aplikasi layanan pengembagnan pariwisata, mulai dari perencanaan pariwisata, pendirian pariwisata, hingga pengembangan pariwisata dengan feature feature informasi pariwisata, edukasi pariwisata, tools atau alat manajemen pariwisata, regulasi pariwisata dan pengukuran pariwisata. Dimana setiap usaha pariwisata dapat dengan mudah mendapatkan informasi tentang pariwisata, download tools / aplikasi / template untuk pariwisata, mengukur kinerja pariwisata atau semua kebutuhan manajemen pariwisata disiapkan oleh pemerintah. Sebagai contoh adalah ketika usaha pariwisata ingin didirikan maka sudah disiapkan tools atau alat untuk membantu pendirian, dan apabila melakukan pencatatan keuangan, maka pemerintah sudah menyiapkan sistem informasi akuntansi keuangan.




Apa saja feature feature dalam Tourisme Developmetn Service ?

  1. Informasi Pariwisata, informasi pariwisata untuk memenuhi kebutuhan informasi pariwisata terkait dengan regulasi pariwisata, trend pariwisata dan hal hal yang bisa digunakan sebagai pertimbangan pariwisata, sehingga dengan menyediakan informasi pariwisata akan memudahkan pariwisata untuk mengambil keputusan lebih berkualitas.
  2. Template Pariwisata, template pariwisata adalah sebuah form yang bisa di download dan digunakan oleh usaha pariwisata untuk urusan administratif atau manajemen, sebagai contoh adalah template proposal, template penawaran, template penagihan dan lain lain.
  3. Tools atau Aplikasi Pariwisata, merupakan sebuah aplikasi yang dibutuhkan oleh usaha pariwisata untuk pengembangannya, diantaranya adalah sistem informasi akuntansi pariwisata, sistem pemasaran pariwisata dan tools atau aplikasi aplikasi yang dibutuhkan.
  4. File Manager Pariwisata, file manager adalah sebuah feature yang berisi file fila yang bisa diakses dan digunakan untuk pengembangan pariwisata, hal hal yang bisa di download dalam pengembangan pariwisata seperti panduan, regulasi dan contoh contoh administrasi pariwisata agar bisa ditiru oleh usaha pariwisata.
  5. Tourism Performance Development System, merupakan sebuah sistem untuk memantau manajemen kinerja pariwisata yang bisa digunakan oleh pemerintah dalam menentukan kebijakannya, sehingga mengetahui data dan informasi perkembangan posisi kinerja usaha pariwisata, pencapaiannya hingga apa yang butuh dilakukan untuk mengembangkannya.




Ke lima hal tersebut di atas merupakan feature feature yang dapat dikembangkan dan digunakan sebagai solusi untuk mengembangkan sektor pariwisata bagi pemerintah pusat dan daerah. Dengan merumuskan membangun fasilitas manajemen dalam bentuk Tourism Development Service akan mampu berkontribusi pada sektor pariwisata, mengembangkan pariwisata hingga mengantarkan sektor pariwisata mencapai tujuannya secara tersistem dan terukur.

Biizaa Asia telah mengembangkan sistem Tourism Development Service ( Layanan Pengembangan Pariwisata ) yang nantinya bisa diadopsi oleh pemerintah dalam mengembangkan sektor pariwisata.




Informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi biizaa asia di link di bawah ini :

Profile Image
Image Icon
Biizaa Service Perlu bantuan ?
Hubungi Kami !
Istirahat

 

Bagikan manfaatnya..

Bagaimana komentar anda ?