Nganjuk2

Tips Rahasia Mensukseskan BUMDes Yang Sebelumnya Mati Suri.

Tips Rahasia Mensukseskan BUMDes ini adalah hasil dari pengalaman kami dalam menanganani Badan Usaha Milik Desa yang mengalami jalan di tempat ( stagnant ), rugi, bangkrut dan pailit. Pada saat itu kami menghadapi sebuah Badan Usaha Milik Desa yang mengalami bangkrut ( tidak mampu beroperasi ) sedang pembiayaan dari desa cukup besar namun ditengah jalan berhenti, sebelum ada pendapatan atau profit.

Pengurus BUMDes menemui tim kami dan kami segera melakukan check up atas Badan Usaha Milik Desa tersebut yang bergerak dibidang pariwisata. Kami menggunakan alat ( Balance Score Card ) untuk mengukur kondisi Badan Usaha Milik Desa tersebut, dengan melihat 4 hal sebagai berikut:

  1. Kondisi Kesehatan atau Kepuasan Keuangan.
  2. Kondisi Pasar atau Kepuasan Pasar.
  3. Kondisi Sistem Manajemen / Internal Proses.
  4. Kondisi SDM dan minat belajarnya.

Dengan memberikan kuisioner untuk mereka isi maka kami menemukan begitu banyak penyakit dalam Badan Usaha Milik Desa yang tidak layak ( unfeaseable ). Maka kami memberikan rekomendasi dengan menetapkan 4 langkah yang harus dilakukan dalam menyelesaikan 4 hal diatas. Yaitu:

  1. Tujuan ( Menetapkan Tujuan Di dirikannya BUMDes kembali ) menetapkan tujuan keuangan, tujuan kepuasan konsumen, tujuan kepuasan karyawan, tujuan sistem internal yang efektif, efisien dan ekonomis.
  2. Ukuran ( Menetapkan Ukuran Agar Dapat Dihitung ) baik keuangan dengan rasio rasionya, kepuasan pelanggan, sistem operasi atau internal.
  3. Target ( Menetapkan Target ) baik target keuangan ( pendapatan / laba ), target jumlah kepuasan konsumen, target belajar dan lain lain.
  4. Inisiasi ( Rencana Aksi ) membuat rencana aksi setiap hari, minggu dan bulan hingga target dan tujuan tercapai.

Dari keseluruhan di atas tips rahasia yang menarik adalah dengan membuat sistem internal atau organisasi yang semula organisasi BUMDes sebagaimana dicantumkan dalam undang undang, ada Pembina, Pengawas dan Pengelola, maka kami membuat organisasi atau rintisan organisasi yang akan menjalankan usaha tersebut dengan organisasi usaha, yaitu Direktur, Bagian Keuangan, Bagian Operasi / Produksi, Bagian SDM dan Bagian Pemasaran yang merupakan 4 pilar organisasi dalam bisnis.

Hal ini sering kita lakukan karena organisasi yang dibuat oleh Badan Usaha Milik Desa di dalam AD ART maupun Perdes masih tergolong organisasi sosial atau nirlaba, sehingga tidak bisa digunakan untuk menjalankan usaha. Untuk itu dibutuhkan organisasi usaha untuk menjalankan usaha.

Ketua, Sekretaris dan Bendara adalah susunan organisasi sosial, maka tidak ada yang mencitpkan produk ( manajemen produksi ) tidak ada yang memasarkan ( manajemen pemasaran ) oleh sebab itulah banyak BUMDes yang tidak segera bertransformasi organisasi usahannya tidak akan berjalan usahannya. Karena tidak ada jobs yang jelas dan tanggungjawab dalam tugas tugas bisnis ( keuangan, operasi, pemasaran dan sdm ).

Untuk itu membangun tim atau rintisan organisasi bisnis yang ke depan dapat digunakan sebagai unit bisnis dengan menetapkan standart standart manajemen adalah hal yang tepat. Untuk menolong suatu BUMDes yang tidak jalan dan salah satunya dikarenakan salah bentuk organisasi. ( supriadi asia / biizaa ).

Mari bagikan seluas-luasnya manfaat dengan tombol di bawah ini..
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

BIIZAA ASIA
%d blogger menyukai ini: