Keuangan Bumdes
Bisnis Pemerintahan Solusi Personal

Tips Memilik Aplikasi Akuntansi BUMDes Untuk Pemula.

Badan Usaha Milik Desa merupakan sebuah kekayaan desa yang dipisahkan untuk kepentingan ekonomi atau kesejahteraan masyarakat desa. Dan dibiayai dari pembiayaan ( investasi ) Desa. Sehingga harta yang dipisahkan harus dipertanggungjawabkan dengan benar dana itu diperoleh darimana, digunakan untuk apa dan menghasilkan apa rugi ata laba dengan standart akuntansi yang benar.




Oleh karena perlu dilakukan pencatatan dengan akuntansi bukan sekedar bookeeping atau pembukuan yang hanya mencata kas atau kredit debit saldo, maka dibutuhkan sistem informasi keuangan atau yang disebut dengan software atau aplikasi akuntansi. Dan telah banyak aplikasi akuntansi yang telah ditawarkan oleh berbagai vendor yang tentunya sangat membantu untuk mencatat, mengelompokan dan melaporkan keuangan bumdes. Namun bagi pemula atau yang masih belajar dibutuhkan tips untuk memilih aplikasi tersebut.

Berikut kami sampaikan tips memilih aplikasi sistem informasi akuntansi bumdes untuk para pemula atau yang belum bisa akuntansi sama sekali:

Yang pertama adalah yang cuztomize artinya mudah disesuaikan dengan beberapa kondisi sebagai berikut:’

  1. Kondisi tahun fiskal, artinya aplikasi tersebut bisa digunakan untuk mencatat tahun tahun sebelumnya, sehingga bisa melakukan edit atau perbaikan tahun tahun sebelumnya. Karena ada beberapa aplikasi akuntansi yang tidak bisa di edit apa yang sudah di input. Hal ini agar mempermudah untuk menyelesaikan apabila ada kesalahan dalam menginput atau menjurnal, baik kesalahan akun dan lawannya, kesalahan nominalnya maupun kesalahan lain yang membutuhkan perbaikan.
  2. Kondisi Bagan Akun Perkiraan, untuk mengelompokan suatu transaksi dalam akuntansi dibuatlah akun / perkiraan baik dengan nomor maupun nama akunnya, dan setiap negara biasanya memiliki COA ( Carts Of Account ) atau bagan akun standart masing masing, ada yang 4 digit ada yang 8 digit dan lain lain. Namun apabila masih belajar, dibutuhkan aplikasi akuntansi yang mudah di edit ( dihapus, diganti, di edit atau ditambah ) nomor dan nama akunnya. Sehingga mudah untuk disesuaikan dengan kondisi badan usaha milik desa.




Yang kedua adalah ada feature pembelajarannya atau LMS ( Learning Management System ) atau pembelajaran mandiri ( Self Learning ), dengan begitu maka anda dengan mudah untuk belajar sendiri baik dalam bentuk materi text maupun video yang dikemas dalam sebuah LMS ( Learning Management System ), sehingga anda tidak perlu repot untuk belajar dan juga mengatasi masalah masalah dengan aplikasi.

Yang kegiatan adalah vendornya memiliki training center atau pusat pelatihan, sehingga selain memberikan software, trouble shooting ( penyelesaian masalah ) dan juga learning center. Ini bertujuan untuk memberikan layanan lengkap baik hardaware, software maupun pengetahuan dan ketrampilan dalam menggunakan. Sehingga dengan begitu kebutuhan dan masalah akuntansi bumdes anda bisa terselesaikan dengan baik. ( supriadi asia ).

Belajar akuntansi mandiri >> selengkapnya..

Bagi yang kesulitan dalam akuntansi atau laporan keuangan bisa menghubungi pusat bantuan biizaa dengan WA 085645524839.




Mari bagikan seluas-luasnya manfaat dengan tombol di bawah ini..
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan