Gratis aplikasi akuntansi 6 bulan ?
Biizaa Akuntansi Tech

Tips Akuntansi, cara menghitung aset yang sebelumnya tidak diketahui.

Tips Akuntansi ini untuk memberikan cara menghadapi sebuah usaha baik usaha kecil mikro, menengah maupun BUMDesa ( Badan Usaha Milik Desa ) yang tidak diketahui berapa asetnya pada saat pergantian pengurus dan pengurus sebelumnya tidak memahami akuntansi.

Kadang kita menjumpai sebuah usaha yang tidak menghitung atau mengetahui hartanya menjadi berapa dan hanya ingat modal awalnya, sehingga ketika terjadi pergantian pengurus atau usaha dijual butuh menghitung asetnya menjadi berapa. Hal ini sering kita jumpai karena masyarakat masih awam akuntansi. Untuk itu kami memberikan tips agar dapat menghitung kekayaan atau harta usaha tersebut.




Bagaimana cara menghitung aset usaha yang tidak diketahui jumlahnya?

Jika usaha sudah bagus akuntansinya, maka akan dengan mudah diketahui jumlah aset atau hartanya dan harta tersebut diperoleh darimana ( modal dan hutang ), tetapi ketika belum bagus akuntansinya, biasanya yang diketahui hanyalah modal awal, selanjutnya tidak mengetahui berapa aset sekarang, apalagi tidak tercatat dalam pembukuan maupun sebuah akuntansi.

Untuk menghadapi hal seperti itu, maka kita perlu membalik siklus akuntansi yang secara umum dimulai dari transaksi dengan mengidentifikasi dan menganalisa lalu menjurnal hingga menjadi laporan keuangan. Maka apabila tidak kita ketahui transaksi, kita bisa membalik siklus akuntansinya, yaitu dimulai dengan adanya aset tersebut di input dalam jurnal dan dilawankan dengan akun yang sesuai.

Contoh Kasus.

Sebuah Badan Usaha Milik Desa telah berganti pengurusnya sedang pengurus lama tidak melakukan pencatatan transaksi baik dalam bentuk kas, bank maupun harta tetap lainnya. Maka pengurus baru harus menghitung ulang aset yang dia terima lalu ingin membukukan dalam sebuah akuntansi yang benar.




Setelah di identifikasi maka terdapat aset sebagai berikut:

NoNama AsetNilai
01Uang KasRp. 10.000.000
02Peralatan KantorRp. 20.000.000
03Peralatan Usaha TendaRp. 20.000.000
04Kendaraan 1 unit truk angkutRp. 150.000.000
Total HartaRp. 200.000.000

‘Ketika menghadapi kasus seperti hal tersebut di atas, maka kita perlu mencatat atau menjurnal dalam sebuah akuntansi agar balance sesuai dengan persamaan akuntansinya.

Berikut adalah langkah langkah yang bisa dilakukan agar aset tersebut dapat disajikan dalam neraca.

Yang pertama adalah kita perlu membuat akun akun di atas beserta lawannya, dan lawan tersebut yang menjadikan sebuah neraga, lawan tersebut bisa dibuat dengan perubahan modal dengan langkah langkah jurnal  sebagai berikut:

Input Jurnal Akuntansi Bumdesa
Input Jurnal Akuntansi Bumdesa

Dengan mendebit aset yang diterima dari pengurus lama, maka akan diketahui berapa total aset semua dan dilawankan dengan perubahan modal, sehingga ditemukan jumlah modal dan jumlah aset badan usaha milik desa dengan jurnal sebagaimana gambar di bawah ini:

Jurnal Akuntansi Bumdesa
Jurnal Akuntansi Bumdesa

Dengan menjurnal hal tersebut maka kita akan memiliki neraca yang seimbang dan mudah untuk dilanjutkan sesuai dengan standart akuntansi yang benar. Dengan menjurnal transaksi tersebut maka akan menghasilkan neraca sebagaimana gambar di bawah ini:

Neraca Akuntansi Bumdesa
Neraca Akuntansi Bumdesa

Dari neraca tersebut di atas dapat disajikan laporan keuangan Badan Usaha Milik Desa dengan total Pasiva Rp. 200.000.000 ( dua ratus juta ) dalam bentuk aset / aktiva yang berupa kas dan harta tetap berupa peralatan usaha, peralatan kantor dan harta tetap kendaraan dengan total Rp. 200.000.000 ( dua ratus juta rupiah ).




Dengan demikian usaha yang sebelumnya tidak memiliki laporan neraca dan asetnya sulit di identifikasi dan dihitung berapa jumlahnya akhirnya dapat menyajikan laporan keuangan dengan lebih benar ( supriadi asia ).

Contoh neraca dapat di download di bawah link bawah ini:

Neraca saldo

Silahkan mencoba aplikasi akuntansi di Accounting Biizaa  atau mengikuti pelatihan online sistem informasi akuntansi di Akuntansi Tech.

Apakah tulisan ini bermanfaat?...

Klik bintang untuk menilai

Rata Rata Penilaian 0 / 5. Jumlah Vote: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Bagikan manfaatnya..
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

BIIZAA ASIA
Ada yang bisa kami bantu? .
Image Icon
Profile Image
Biizaa Service Perlu bantuan ? Online
Biizaa Service