Teknologi Mengurangi Stress Seorang Kades.

Begitu banyaknya urusan pembangunan desa baik tugas secara vertikal dengan pemerintah daerah, secara horizontal dengan masyarakat dan Badan Permusyawaratan Desa serta lembaga lain, tentu bisa membuat depressi / stress. Namun kini di era teknologi informasi dan komunikasi bisa diatasi atau setidak tidaknya mengurangi depressi tersebut.


plikasi itu dinamakan aplikasi Mind Mapping atau dalam bagasa Indonesia diartikan peta pemikiran. Dengan mindmapping seorang Kepala Desa bisa memetakan pikirannya sesuai dengan tugas tugasnya sebagai Kepala Desa.

Lalu apa manfaat atau fungsi dari aplikasi mind mapping tersebut:.

  1. Kepala Desa bisa membuat peta pikiran sesuai dengan bagian bagiannya, misal tentang keuangan, pembangunan, pemberdayaan dan lain lain.
  2. Kepala Desa bisa membuat alur pemikiran sesuai dengan rencana rencana yang dibuat.
  3. Kepala Desa bisa menghubung hubungkan antara bagian satu dengan bagian yang lain jika diperlukan. Misal antara keuangan dan pembangunan.
  4. Kepala Desa bisa menentukan skala prioritas dari seluruh kegiatan.
  5. Pemikiran seorang Kepala Desa bisa divisualisasikan, sehingga mudah untuk dikomunikasikan dengan pihak lain.

Dengan mindmapping seorang kepala desa akan lrbih ringan beban pikirannya, sehingga bisa lebih memanfaatkan waktu, tenaga dan pikiran untuk lebih memajukan desa nya.


plikasi mind mapping mudah di dapat dengan mendownload dan menginstall di smartphone android. Dan banyak tersedia yang gratis. Selain untuk membantu arah dan pola pikir, kebanyakan aplikasi mindmapp sudah dilengkapi konversi ke gambar ( jpg, png ) atau pdf. Ssrta mudah di share / dibagikan kepada pihak lain. Salah satu aplikasi mindmap dapat di download di sini.

Silahkan mencoba dan semoga mampu mengurangi stress dan mampu meningkatkan layanan pada masyarakat @supriadiasia.

Mari bagikan seluas-luasnya manfaat dengan tombol di bawah ini..
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

BIIZAA ASIA
%d blogger menyukai ini: