Gratis aplikasi akuntansi 6 bulan ?
1. Laporan Laba Rugi

Teknik Untuk Mengetahui Dan Menjelaskan BUMDesa Rugi

Badan Usaha Milik Desa atau disebut dengan BUMDesa tentu juga mengalami masa masa atau fase rugi, diantaranya ketika masih baru membuka usaha. Namun apabila sudah berjalan lama mengalami kerugian bahkan kebangkrutan, maka kita perlu mengetahui dengan jelas apa penyebab kerugian dan kebangkrutan tersebut, sehingga bisa dipertanggungjawabkan dan dicarikan solusinya.




Ada tiga kondisi keuangan BUMDesa yang mengalami penurunan kinerja keuangannya, yaitu:

  1. Rugi, dikarenakan biaya atau beban lebih besar dari pendapatan.
  2. Bangkrut, dikarenakan tidak bisa beroperasi karena tidak memiliki kas / biaya.
  3. Pailit, seluruh hartanya tidak bisa digunakan untuk membayar beban / hutang BUMDesa.

Kali ini kita akan membahas bagaimana mengetahui kondisi BUMDesa dalam keadaan Rugi dan Bangkrut dengan melihat laporan keuangannya. Yang pertama adalah cara melihat BUMDesa dalam kondisi Rugi.




BUMDesa Kondisi Rugi.

Untuk melihat BUMDesa dalam kondisi rugi, kita perlu membaca laporan keuangan laba ruginya, karena kondisi rugi adalah kondisi dimana pendapatan lebih kecil daripada biaya atau beban. Berikut gambar laporan laba rugi yang bisa kita pelajari:

Laporan Laba Rugi Akuntansi Biizaa
Laporan Laba Rugi Akuntansi Biizaa

Dari laporan keuangan laba rugi di atas, kita bisa melihat informasi keuangan atas kerugian sebuah BUMDesa. Informasi kerugian tersebut diperoleh karena Pendapatan lebih kecil dari Biaya. Dengan logika seperti di atas.

Total Pendapatan Rp. 20.000.000 – Total Biaya Rp. 22.100.000 = Rugi Rp. 2.100.000

Oleh karena total biaya lebih besar daripada pendapatan, maka BUMDesa mengalami kerugian sebesar Rp. 2.100.000.

Darimana kita ketahui penyebab kerugian?




Penyebab kerugian bisa kita ketahui secara global dari seluruh biaya yang lebih besar dari pendapatan, tetapi secara spesifik atau khusus bisa kita ketahui dari adanya transaksi yang menyebabkan kerugian di luar usaha / kemampuan usaha. Dan itu ada dalam akun biaya tidak terduga yang yang bisa kita jelaskan dengan gambar di bawah ini:

Beban Lain Lain Akuntansi Biizaa
Beban Lain Lain Akuntansi Biizaa

Dari laporan keuangan tersebut bisa di lihat penyebab kerugian adalah Biaya Tidak Terduga senilai Rp. 10.000.000. Apabila tidak membaya Biaya Tidak Terduga, maka BUMdesa tersebut tidak mengalami kerugian, karena Pendapatan Rp. 20.000.000 – Beban Rp. 12.100.000 = Laba Rp. 7.900.000. Dengan demikian kita bisa mengetahui penyebab kerugian BUMDes dari laporan Laba Rugi BUMDesa.




Cara Mengetahui Biaya Tak Terduga

Lalu bagaimana mengetahui apa yang ada dalam biaya tidak terduga yang menyebabkan kerugian BUMDesa tersebut, maka kita bisa melihat jurnal atau transaksi jurnal tersebut yang merupakan akun Biaya Tidak Terduga sebagai contoh gambar di bawah ini:

Laporan Beban / Biaya Akuntansi Biizaa
Laporan Beban / Biaya Akuntansi Biizaa

Di atas adalah daftar input jurnal dari biaya di luar Biaya Tidak Terduga, selanjutnya kita lihat Biaya Tidak Terduga yang menyebabkan Kerugian BUMDes. Perhatikan gambar di bawah ini:

Biaya Tidak Terduga Akuntansi Biizaa
Biaya Tidak Terduga Akuntansi Biizaa

Dari daftar input jurnal, diketahui bahwa biaya tidak terduga karena ada kecelakaan kerja yang membutuhkan biaya sebesar Rp. 10.000.000. Dengan demikian dapat dijelaskan bahwa kerugian BUMDes dikarenakan membayar Biaya Tak Terduga alam bentuk Pembayaran Kecelakaan Kerja yang harus dibayar dengan kas, sehingga BUMDesa mengalami Kerugian.




Dengan menyajikan laporan keuangan dalam bentuk Laba Rugi, maka pengurus BUMDes bisa menjelaskan atas kerugian BUMDesa, sehingga bisa disampaikan dengan jelas dan bisa dipertanggunjawabkan dengan jelas pula. Selain itu bisa juga diselesaikan masalah masalahnya, terutama apabila ada kecurigaan terhadap Pengurus BUMDes, Pengurus BUMDes bisa menjelaskan secara Akuntable. ( supriadi asia ).

Untuk contoh hasil laporan dalam bentuk excell bisa di download di bawah ini:

  1. Daftar Input Jurnal BUMDesa Sewa Tenda
  2. Laporan Neraca BUMDes Rugi
  3. Laporan Laba Rugi BUMDes Rugi




Untuk mencoba sistem informasi akuntansinya silahkan klik ” Latihan Akuntansi ” untuk password dan username nya bisa Whatsapp ke 08545524839

 

 

Apakah tulisan ini bermanfaat?...

Klik bintang untuk menilai

Rata Rata Penilaian 0 / 5. Jumlah Vote: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Bagikan manfaatnya..
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

BIIZAA ASIA
Ada yang bisa kami bantu? .
Image Icon
Profile Image
Biizaa Service Perlu bantuan ? Online
Biizaa Service