Teknik Mengetahui Keuangan BUMDes Bangkrut Atau Tidak Dari Laporan Keuangannya.

Bahasa keuangan bumdes adalah akuntansi, sebuah alat untuk mengkomunikasikan posisi keuangan mulai dari mencatat hingga menyajikan laporan keuangan. Laporan keuangan secara sederhana dapat disajikan minimal neraca yang menggambarkan uang diperoleh darimana digunakan untuk apa menghasilkan apa dan kondisi kekayaan menjadi berapa dalam periode tertentu. Yang kedua adalah laporan laba rugi bumdes yang menggambarkan tentang pendapatan bumdes dan biaya bumdes, pendapatan dikurangi biaya yang akan menghasilkan sebuah bumdes rugi tau laba.




Selain hal tersebut di atas dalam laporan keuangan bumdes menyajikan informasi informasi yang bisa kita analisa, salah satunya adalah rasio rasio keuangannya, baik rasio likuiditas, rasio solvabilitas maupun rasio profitabilitas. Salah satu rasio itu dapat digunakan untuk melihat apakah suatu bumdes mengalami kebangkrutan atau tidak. Artinya bangkrut adalah bumdes tersebut tidak bisa beroperasi atau tidak bisa menjalankan operasi usahannya karena suatu hal diantaranya adalalah karena keuangannya.

Rasio keuangan bumdes apa yang bisa digunakan untk melihat bumdes bangkrut atau tidak?..

Salah satunya adalah rasio likuiditas. Rasiko likuiditas adalah rasio kemampuan bumdes untuk membiayai kewajiban atau biaya biaya jangka pendek, misalnya gaji karyawan, administrasi, listrik, komunikasi dan lain lain yang harus dibayar kurang dari 1 tahun jatuh tempo nya. Lalu bagaimana melihat kemampuan bumdes dalam membiayai operasional jangka pendeknya, tentu dilihat di neraca, khususnya harta lancarnya. Perhatikan gambar neraca di bawah ini:




Dari neraca laporan keuangan bumdes tersebut dapat dilihat harta lancar bumdes, dimana harta lancar tersebut yang akan menjamin kemampuan bumdes untuk membiayai operasionalnya atau membiayai beban atau biaya jangka pendek. Dalam gambar laporan keuangan bumdes tersebut di atas total dari harta lancar adalah Rp. 153.850.000 ( seratus lima puluh tiga juta, delapan ratus lima puluh ribu rupiah ). Dan selanjutnya untuk mengetahui berapa beban atau biaya yang harus dibayar bumdes, kita lihat dalam laporan laba rugi bumdes, dalam gambar di bawah ini:

Dari gambar laporan laba rugi keuangan bumdes tersebut bisa dilihat beban lancarnya yang terdiri dari beberapa biaya yaitu administrasi dan beban umum, gaji karyawan, biaya transportasi dan biaya listrik dan komunikasi sebesar Rp. 6.150.00 ( enam juta seratus lima puluh ribu rupiah ). Sehingga untuk mengukur kemampuan bumdes dalam membiayai operasionalnya perlu dibandindingkan antara:




Beban / Biaya dengan Hara Lancar yaitu Rp. 6.150.000 ditanggung Rp. 153.850. Dilihat dari sini BUMDes sangat sehat dan sangat mampu untuk membiayai hidupnya dalam jangka pendek. Namun apabila terbalik bahwa kas atau harta lancar lebih kecil daripada biaya atau beban maka bumdes tersebut mengalami kebangkrutan dan tidak bisa berjalan karena tidak mampu membayar beban atau biaya jangka pendeknya.

Terlepas tentang likuiditas di atas, apabila beban Rp. 6.150.000 ditanggaung harta lancar Rp. 153.850.000 Bumdes tersebut tidak sehat. Artinya bumdes tidak mampu memberdayakan uang untuk mendapatkan laba. Banyak uang yang diam dan tidak berputar untuk menghasilkan laba. Terlepas dari analisa kebangkrutan. Selanjutnya tentang hal itu akan kami sampaikan analisa tentang kinerja keuangan bumdes, yang menyangkut mengganggurnya banyak uang tersebut. Selalu ikuti dan bagikan apa yang kami sampaikan. ( supriadi asia ).




 

 

Mari bagikan seluas-luasnya manfaat dengan tombol di bawah ini..
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Next Post

Goverment Model Canvas Sebagai Solusi Pemerintahan Yang Tangkas.

Sel Jun 16 , 2020
Kita berada di era vuca dimana kondisi cepat berubah, tidak pasti, saling mempengaruhi dibelahan dunia dan dihadapkan pada kebingungan dalam mengambil keputusan karena adanya distrupsi di berbagai bidang, baik teknologi, ekonomi dan politik. Maka Biizaa telah mengembangkan apa yang disebut dengan Goverment Model Canvas agar mampu menyesuaikan dengan cepat dan […]
BIIZAA