Teknik Memilih Produk Bagi Usaha Pemula

Man in Black Shirt Sits Behind Desk With Computers

Bagi usaha pemula kadang bingung menentukan produk apa yang akan dibuat agar usahanya bisa berjalan, bertumbuh dan berkembang. Perlu kita sadari bahwa Indonesia memiliki sumberdaya alam yang melimpah dan kadang disebut dengan potensi. Dan kebanyakan orang memulai usahanya dikarenakan potensi sumberdaya alam yang melimpah, tetapi hasilnya tidak laku atau kesulitan dalam penjualan. Untuk itu biizaa akan menyampaikan bagaimana merencanakan sebuah produk agar usaha bisa berjalan dan bertumbuh kembang.



Jika dulu usaha dimulai dari membuat produk hingga akhirnya sulit untuk pemasaran, maka di era teknologi informasi yang dibutuhkan adalah pasar dulu, atau calon konsumen. Lalu apa saja yang harus dianalisa untuk mengetahui calon konsumen :

Kebutuhan Konsumen

Menganalisa kebutuhan konsumen untuk dipenuhi, biasanya berupa barang untuk memenuhi kebutuhan, sebagai contoh adalah kebutuhan sembako, kebutuhan alat tulis dan kebutuhan lain lain. Dan akan lebih bagus apabila sekaligus mengetahui jumlah kebutuhan dan nilai kebutuhan agar memiliki proyeksi pendapatan dan laba.



Masalah Konsumen

Selain menganalisa kebutuhan kita bisa menganalisa masalah konsumen untuk kita beri solusi, dalam hal ini biasanya produk jasa, seperti jasa advokat yang memberikan solusi hukum, jasa dokter yang memberikan solusi kesahatan, dengan menganalisa masalah calon konsumen kita akan mudah menyiapkan solusi dalam bentuk jasa.

Harapan Konsumen

Harapan konsumen merupakan hal yang perlu kita analisa dalam mencitpakan produk, dengan mengetahui harapan konsumen kita akan mampu menghantarkan konsumen sesuai dengan harapannya, sebagai contoh apabila ada orang yang memiliki harapan untuk masuk perguruan tinggi favorit, maka kita bisa menyiapkan produk try out dan lain lain. Apabila ada orang berharap cantik kita juga bisa membuat produk kecantikan dan lain lain.



Perintah Undang Undang

Perintah undang undang merupakan hal yang penting untuk kita ketahui dalam menganalisa produk, karena merupakan kewajiban yang harus dijalankan oleh orang tersebut, sebagai contoh adalah laporan pajak. Dengan adanya kewajiban laporan pajak, maka kita bisa menjadi konsultan pajak, atau jasa pembuatan laporan pajak hingga menjadi advokat pajak.

Ke empat hal di atas, merupakan hal hal yang perlu diperhatikan dalam merencanakan produk bagi pengusaha pemula. (biizaa team).

Bagikan manfaatnya..