Teknik Memahami Laporan Keuangan BUM Desa Bagi Pengawas Dan Pembina.

Laporan keuangan adalah cermin dari posisi keuangan dan kinerja keuangan dalam badan usaha milik desa. Dan dalam Peraturan Pemerintah No. 11 Tahun 2021 Tentang BUM Desa diamanatkan Pembina dan Pengawas diberikan kewenangan dan hak terkait laporan keaungan baik semesteran maupun tahunan serta membawanya ke Musyawarah Desa untuk dinyatakan diterima.

Untuk itu, maka pembina dalam hal ini Kepala Desa dan Pengawas perlu memiliki pemahaman, pengetahuan, dan ketrampilan dalam membaca dan menganalisa laporan keuangan BUM Desa. Dalam kesempatan ini biizaa akan menyampaikan pemahaman, tips dan teknik dalam memahami laporan keuangan BUM Desa.




Apakah laporan keuangan BUM Desa ?

Laporan keuangan BUM Desa adalah sebuah informasi keuangan yang diperoleh dari mencatat ( menjurnal ) transaksi dan diolah menjadi suatu informasi keuangan yang digunakan sebagai alat untuk menganalisa BUM Desa serta untuk mengambil keputusan di bidang usaha BUM Desa, khususnya tentang keuangannya.

Apa saja isi laporan keuangan BUM Desa ?

Isi laporan keuangan BUM Desa adalah laporan tentang posisi keuangan atau yang disebut dengan neraca, kinerja keuangan atau yang disebut dengan laba rugi, laporan arus kas, perubahan modal dan catatan laporan keuangan. Berikut akan kita bahas satu per satu tentang isi dari laporan keuangan.

Posisi Keuangan.

Posisi Keuangan Laporan BUM Desa berbentuk neraca, neraca adalah informasi yang menunjukan berapa aset dan berapa kewajiban. Aset terdiri dari aset lancar dan aset tetap atau tidak lancar. Aset lancar contohnya adalah kas dan bank ( tabungan ), dan contoh aset tetap adalah gedung, kendaraan, peralatan dan aset tetap tidak berwujud sebagai contoh adalah hak sewa atau hak atas suatu barang.




Kinerja Keuangan.

Kinerja Keuangan BUM Desa berbentuk laba rugi, merupakan suatu informasi yang menunjukan tentang berapa pendapatan yang diterima dan berapa biaya yang dikeluarkan, sehingga menghasilkan laba atau rugi. Apabila pendapatan atau penerimaan lebih besar dari biaya, maka BUM Desa tersebut mengalami kerugian, apabila biaya lebih besar dari pendapatan, tentu sebaliknya BUM Desa mengalami kerugian.

Setidak tidaknya BUM Desa dalam melaporkan keuangan, minimal melaporkan posisi keuangan dalam bentuk neraca dan kinerja keuangan dalam bentuk laporan laba rugi. Dan tentang laporan arus khas, perubahan ekuitas sampai catatan atas laporan keuangan bisa dikatakan laporan keuangan pelengkap bagi BUM Desa Pemula.

Selain memahami laporan keuangan, pengawas dan pembina juga membutuhkan ketrampilan menganalisa rasio rasio keuangan, sehingga dapat menyimpulkan bahwa BUM Desa keuangannya dalam kondisi sehat atau tidak beresiko negatif terhadap bum desa.

Apa saja rasio keuangan BUM Desa yang harus dipahami oleh pengurus dan pengawas?

Rasio Likuiditas, rasio likuiditas adalah rasio untuk mengukur apakah bum desa memiliki kemampuan jangka pendek untuk menyelesaikan kewajiban baik hutang maupun membayar biaya biaya jangka pendeknya. Sehingga apabila harta lancar seperti uang tunai mampu untuk membiayai bum desa jangka pendek, maka BUM Desa tersebut sehat likuiditasnya.




Rasio Solvabilitas, rasio untuk mengukur kemampuan BUM Desa untuk membayar hutang dan modal jangka panjang, sehingga dengan mengukur kemampuan BUM Desa untuk mengembalikan modal dan hutang dengan hartanya, maka BUM Desa tersebut bagus solvabilitasnya.

Rasio Profitabilitas, yaitu rasio keuangan BUM Desa untuk mengukur kemampuan BUM Desa menghasilkan laba, apabila BUM Desa memiliki kemampuan laba di atas bunga bank, maka BUM Desa tersebut mampu menghasilkan laba yang baik. Dalam hal ini rata rata yang baik adalah 15 %.

Masih banyak bentuk laporan keuangan dan rasio rasio keuangan untuk mengukur sebuah usaha BUM Desa, selanjutnya kita akan menyampaikan lebih detail dalam tulisan selanjutnya atau silahkan mengikuti kegiatan kegiatan pelatihan BUM Desa di Biizaa dengan menghubungi No Whatsapp 085645524839.


Bagikan manfaatnya..
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

BIIZAA ASIA © 2021 Biizaa Asia
Ada yang bisa kami bantu? .
Image Icon
Profile Image
Biizaa Service Perlu bantuan ? Online
Biizaa Service