Tahu Sumbernya?.. Dana Desa Akan Besar Hasilnya.

Untuk melaksanakan tujuan pembangunan desa, maka negara telah menerbiatkan undang undang desa serta bagaimana sumber sumber dana desa diperoleh. Dalam kesempatan ini, kami manyampaikan darimana saja sumber sumber pendapatan desa agar seluruh masyarakat memahami, terutama pemerintah desa. Setelah memahami, maka diharapkan seluruh masyarakat desa khususnya pemerintah desa bisa memaksimalkan pendapatannya, memaksimalkan potensi pendapatan hingga memanfaatkan serta melaporkan dana desa sebaik mungkin.

Memahami sumber sumber dana desa, menjadi dasar memahami bagaimana pendapatan desa bisa dimaksimalkan bersama sama dengan pemerintah daerah dan pusat. Tanpa memahami sumber sumber keuangan atau dana desa maka pemerintah desa maupun masyarakat tidak akan tahu bagaimana sumber keuangan ditingkatkan atau dioptimalkan pemanfaatannya.

Berikut adalah sumber sumber pendanaan desa sebagai berikut:



Pasal 72 ayat (1), Pendapatan Desa bersumber dari:

  1. Pendapatan Asli Desa: Hasil usaha, hasil aset, swadaya dan partisipasi, gotong-royong, dan lain-lain pendapatan asli Desa.
  2. Dana dari APBN.
  3. Bagian dari hasil pajak daerah dan retribusi daerah Kab/Kota (paling sedikit 10%).
  4. Alokasi Dana Desa (ADD) yang merupakan bagian dari dana perimbangan yang diterima Kab/Kota (minimal 10% dari Dana Bagi Hasil dan Dana Alokasi Umum).
  5. Bantuan keuangan dari APBD Prov dan APBD Kab/Kota.
  6. Hibah dan sumbangan dari pihak ketiga.
  7. Lain-lain pendapatan Desa yang sah.




Dengan memahami ke tujuh sumber dana desa tersebut maka pemerintah desa akan mampu mengupayakan bagaiamana desa mampu meningkatkannya. Bisa melalui pendapat lain yang sah, seperti bagian laba dari BUMDes atau yang lain. Atau memohon bantuan dari APBD Prov maupun Kabupaten, dengan mengajukan secara bagus. @supriadiasia.

 

 

Mari bagikan seluas-luasnya manfaat dengan tombol di bawah ini..
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Next Post

Perlu Tahu Model Desa Lama dan Model Desa Baru..

Rab Feb 13 , 2019
Baik pemerintah desa maupun masyarakat perlu memahami bahwa paradigma desa sudah berubah sejak berlakunya Undang Undang Desa No. 6 Tahun 2014. Dengan lahirnya undang undang tersebut peran desa sangat penting dalam pembangunan nasional. Dan merupakan ujung tombak dalam pembangunan, karena tumpuan usaha dan tumpuan dana langsung ke desa. Peran desa […]
BIIZAA