Global Economy

Strategy Pengendalian Ekonomi Negara Maju di Erat IT

Kita berada dalam perekonomian global, dalam pengetahuan global dan dalam jaringan global. Untuk survive dan bahkan sukses di era global, kita butuh strategi global. Dan strategi itu perlu dimiliki oleh individu, organisasi dan bahkan negara.

Jika kita belajar pertumbuhan ekonomi china yang lebih dari 6%, kita perlu melihat apa yang digunakan mereka untuk mampu mencapai pertumbuhan tersebut. Tahun 1992, jumlah cadangan devisa Tiongkok sekitar US$ 200 juta. Dan ekonomi china mulai tumbuh pesat dimulai tahun 1995. Dalam waktu 22 ( dua puluh dua ) tahu china menjadi kekuatan ekonomi dunia. China berhasil merubah negara menjadi maju.

Bagaimana ekonomi china mampu tumbuh rata rata di atas 6%, karena china menggerakan men drive ekonomi melalui bidang yang mampu memiliki efek terhadap bidang ekonomi lainnya. Mulai dari property, dengan property china mampu menggerakan perekonomian lainnya, mulai dari baja, semen dan semua yang berkaitan dengan property china. Yang kedua adalah infrastruktur, dengan membangun infrastruktur, maka china juga mampu menggerakan ekonomi lainnya, seperti baja, semen dan semua kebutuhan infrastruktur dan bahkan hingga mancanegara china membiayai infrastruktur. Dan yang ketiga adalah otomotif, dimana otomotiv juga mampu menggerakan perekonomian negara. Selain dalam pembangunannya menggerakan dan membutuhkan supply yang memiliki efek terhadap ekonomi lain, seperti semen, baja dan lain lain. Maka setelah pembangunan itu jadi, maka bisa dimanfaatkan oleh masyarakat untuk meningkatkan perekonomian negara tersebut, hingga menjadi negara yang maju dan kaya.

Dari hal tersebut bisa kita ambil pelajaran, bahwa untuk mengembangkan perekonomian dan kemajuan suatu negara, dibutuhkan prioritas yang digerakan dan mampu memiliki efek terhadap perekonomian lainnya, memiliki efek domino yang meggerakan, baik pada saat membangun maupun pasca pembangunan bisa dimanfaatkan oleh bangsa dan negaranya.




Lalu peluang apakah yang bisa diambil negara lain, selain hal tersebut di atas yaitu property, infrastruktur dan otomotif?… Infrastruktur, otomotif dan property itu tepat saat era industri, tetapi di era teknologi informasi dan komunikasi, maka teknologi, informasi, dan komunikasi akan mampu menggerakan perekonomian suatu negara. Dengan memproduksi mulai hardware, software, sparepart, dan sumber daya manusia di bidang teknologi informasi. Serta untuk mendukung seluruh kegiatan perekonomian baik di bidang perdaganga, pertanian, kelautan dan semua lini perekonomian di dukung dengan teknologi informasi. Oleh sebab itulah, perusahaan perusahaan amerika telah mampu menguasi jaringan terbesar bidang teknologi informasi dan komunikasi, seperti jaringan mesin pencarian, operating system dan lain lain.

Selain America dan China, negara lain pun masih banyak kesempatan dan peluang untuk memanfaatkan momentum ekonomi di bidan teknologi informasi dan komunikasi untuk menggerakan perekonomian suatu negara. @biizaa.

Mari bagikan seluas-luasnya manfaat dengan tombol di bawah ini..
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

BIIZAA ASIA
%d blogger menyukai ini: