Strategi Membangun Knowledgebase Pemerintahan Daerah

Untuk membangun sumberdaya manusia pemerintahan daerah, dibutuhkan pengetahuan sebagai bahan untuk mengambil keputusan dalam pemerintahan secara tepat. Dan dengan adanya berbagai sumber informasi yang menjadi pengetahuan butuh dikelola dengan baik, agar mudah diakses dengan membangun sistem database dan informasinya. Untuk memahami apa yang dimaskud dengan knowledgbase dan bagaiman strategi pemerintah daerah dalam menciptakan knowledgebase tersebut, butuh kita pahami dahulu apa yang dimaksud dengan knowledgbase.




Apa yang dimaksud dengan knowledgebase ?

Knowledgebase adalah basis pengetahuan, yang terdiri dari data dan informasi atau pengetahuan yang dikelola secara sistematis dengan teknologi informasi sebagai alat bantu untuk mengambil keputusan dalam pemerintahan daerah.

Apa hubungan antara knowledgebase dengan sumberdaya manusia dalam pemerintahan daerah ?

Hubungan antara knowledgebase dengan pengembangan sumberdaya manusia adalah membangun pengetahuan, karena untuk mengembangkan sumberdaya mausia dibutuhkan :

  1. Atittude atau perilaku sumberdaya manusia, untuk mencetak sumberdaya manusia yang jurur, termotivasi, disiplin dan perilaku baik lainnya.
  2. Knowledge atau pengetahuan sumberdaya manusia, untuk meningkatkan kualitas pengembilan keputusan karena memiliki pertimbangan pengetahuan yang cukup.
  3. Skill atau ketrampilan dalam menyelesaikan tugas, sehingga dengan meningkatkan skill akan mempercepat penyelesaian tugas.
  4. Tools, atau alat yang digunakan untuk meningkatkan efisiensi, hasil yang berlipat.




Knowledgebase menduduki urutan ke dua guna membangun sumberdaya manusia daerah, dan itu merupakan hal yang penting untuk meningkatkan kualitas keputusan yang diambil.

Selain secara internal digunakan sebagai alat bantu mengambil keputusan yang berkualitas, maka dibutuhkan untuk mensosialisasikan kepada publik agar lebih tercipta komunikasi dan pemahaman atas jalannya pemerintahan.

Bagaimana membangun knowledgebase pemerintah daerah ?

Langkah pertama adalah merencanakan informasi yang dibutuhkan baik secara internal pemerintahan maupun publik ( masyarakat ), sebagai contoh adalah tentang keuangan daerah, dimana baik secara internal maupun publik dibutuhkan pemahaman tentang keuangan daerah, sehingga tercipta kepercayaan publik juga mampu memberikan pengetahuan kepada sektor selain keuangan.




Langkah kedua adalah melibatkan seluruh dinas untuk membangun knowledgebase, dengan membangun content knowledgebase sesuai dengan bidangnya. Sebagai contoh bidang pengelolaan aset, membangun content dalam bentuk video atau channel yuoutube tentang pengelolaan aset dan pemanfaatan aset, sehingga selain memberikan pemahaman ke dalam tentang pengakuan, pengukuran, penilaian dan pengungkapan aset dalam akuntansi publik, juga memberikan pemahaman kepada masyarakat untuk ikut serta dalam pengelolaan aset, atau menjalin kerjasama dalam pengelolaan aset daerah.

Begitu juga dengan SKPD lain, sebagai contoh dinas perindustrian dan perdagangan yang menyajikan video tutorial bagaimana tentang perijiinan perindustrian dan lain lain.




 

Bagaiman membangun konsep atau perencanaan knowledgebase pemerintah daerah, bisa menghubungi biizaa consulting di menu whatsapp kami.


Bagikan manfaatnya..

Updated: 16/10/2021 — 07:50
BIIZAA ASIA © 2021 Biizaa Asia

Education Template