Solusi Infra Struktur Pemasaran Bagi Pemerintah Daerah.

Infrastruktur pemasaran pemerintah daerah merupakan sebuah kebutuhan dasar untuk mengembangkan perekonomian daerah guna meningkatkan produktivitas daerah karena tertata permintaan pasar yang terus berkembang dan berdampak pada ekonomi mikro ( rumah tangga dan usaha ) dan ekonomi makro ( pendapatan daerah ).




Apa yang dimaksud dengan infra struktur pemasaran pemerintah daerah ?

Infrastruktur pemasaran pemerintah daerah adalah sebuah fasilitas yang diberikan oleh pemerintah daerah kepada swasta untuk mendukung pemasaran produk produk daerah untuk keluar baik secara regional, nasional maupun global.

Apa saja yang perlu dibangun dalam infrastruktur pemasaran pemerintah daerah ?

Yang pertama adalah sistem informasi pemasaran atau yang disebut dengan CRM ( Customer Relationship Management ) yang berfungsi untuk mengambil keputusan pemasaran serta menganalisa kebutuhan calon konsumen. Karena kunci utama dalam suatu pameasaran adalah mengetahui kebutuhan konsumen untuk dicukupi, mengetahuhi masalah konsumen untuk diselesaikan dan mengetahui harapan konsumen untuk diwujudkan. Untuk itu dibutuhkan sistem informasi untuk mengetahui dan bagaimana memenuhi kebutuhan pasar / calon konsume.




Yang kedua adalah membangun market lingkade, atau sistem komunikasi antara produses di daerah dengan calon konsumen baik secara B2C ( Business To Customer ) dari bisnis untuk konsumen langsung. B2B ( Business To Business ) dari produsen ke pasar industri atau bisnis, dan B2G dari produsen ke pasar pemerintah. Sebagai contoh adalah pemerintah daerah yang memiliki potensi membuat benih bawang merah, maka pemerintah daerah menyambungkan produk tersebut ke seluruh dinas pertanian seluruh negara untuk memenuhi kebutuhan benih bawang merah.




Yang ketiga adalah membang supply chain atau rantai pasok atau lebih dikenal dengan sistem distribusi, yang memberikan kemudahan kepada usaha kecil di daerah untuk mendistribusikan produknya dengan mudah, cepat dan tepat langsung kepada konsumen, sehingga memudahkan dalam pengiriman dan logistik. Dalam hal ini dibutuhkan membangun regional global supply chain, national global supply chain bahkan international global supply chain atau rantai pasok global, yang mengantarkan produk suat daerah untuk go global.

Yang keempat adalah pemberdayaan, untuk mendorong usaha kecil mikro dan menengah daerah memiliki produk yang sesuai dengan standart permintaan konsumen dan peraturan peraturan yang terkait dengan industri dan perdaganan.




Yang kelima adalah membangun sistem pembiayaan dan pembayaran, pemerintah daerah dapat mendorong usaha yang sudah jelas konsumennya untuk dibiayai dan juga memberikan fasilitas pembayaran dengan mudah dan murah.

Apa manfaat infrastruktur pemasaran daerah ?

Yang pertama adalah manfaat bagi calon konsumen yaitu memudahkan untuk memenuhi kebutuhan, dan menyelesaikan masalahnya, karena sudah terjalin dengan produsen barang dari suatu daerah yang telah disediakan oleh infrastrukturnya oleh pemerintah daerah.




Yang kedua adalah manfaat bagi produsen dalam hal ini usaha mikro, kecil dan menengah daerah, dengan adanya infrastruktur pemasaran, dapat dengan mudah untuk mengambil keputusan bisnis, karena data dan informasi kebutuhan telah disajikan sehingga memproduksi barang sesuai dengan permintaan pasar. Selain itu infrastruktur distribusi ( supply chain ) juga tersedia dengan bagus sehingga baik dalam penyimpanan barang, pengiriman, standarisasi, lebih mudah dipenuhi.

Yang ketiga adalah manfaat bagi pemerintah daerah, dengan meningkatkan pemasaran secara otomatis akan meningkatkan produktivitas masyarakat dan tentunya akan meningkatkan perekonomian daerah melalui pendapatan darah yang berasal dari pajak maupun restribusinya.




Bagaimana konsep infra struktur pemasaran pemerintah daerah, baik membangun CRM ( Customer Relationship Management ) dan SCM ( Supply Chain Management ) untuk pemerintah daerah, silahkan menghubungi kami Biizaa Consulting. ( Biizaa / Supriadi Asia ).


Bagikan manfaatnya..

Updated: 08/10/2021 — 07:31
BIIZAA ASIA © 2021 Biizaa Asia

Education Template