Gratis aplikasi akuntansi 6 bulan ?
Biizaa Akuntansi Tech

Siapakah Pengguna Informasi Akuntansi BUMDesa ?

Pemahaman Informasi Akuntansi BUMDesa

Akuntansi adalah bahasa keuangan dalam sebuah usaha, dengan adanya akuntansi dan laporan keuangan usaha maka posisi keuangan dapat diceritakan kepada pihak lain, sebagai contoh posisi keuangan yang disebut dengan neraca yang menunjukan sebuah posisi keuangan sebuah usaha atau BUMDesa.

Apakah Informasi Akuntansi BUMDesa ?

Infomasi Akuntansi BUMDesa adalah sebua informasi yang diperoleh dari pengolahan data menjadi sistem informasi untuk mengambil keputusan usaha. Informasi tersebut diperoleh dari sebuah sistem informasi akuntansi diantaranya adalah akuntansi.tech dengan sistem informasi akuntansi maka data transaksi bisa diolah menjadi laporan keuangan dengan mudah.

Siapa saja pengguna sistem informasi akuntansi BUMDesa ?

Sistem informasi akuntansi BUMDesa dibuat untuk disajikan dan digunakan sebagai alat mengambil keputusan bisnis dalam Badan Usaha Milik Desa, yang dibutuhkan oleh pengguna di bawah ini:

Pemilik Usaha / Pemegang Saham.

Pimilik usaha dalam hal ini adalah pemerintah desa, pemerintah desa memiliki kepentingan untuk mendapatkan informasi keuangan Badan Usaha Milik Desa guna menentukan kebijakan, perencanaan dan pertanggungjawaban atas dana desa yang di investasikan ke Badan Usaha Milik Desa.




Pengelola Atau Organ BUMDesa.

Pengelola Badan Usaha Milik Desa sangat berkepentingan terhadap informasi keuangan Badan Usaha Milik Desa sebagai dasar untuk mengambil keputusan manajemen atau arah kebijaka keuangan Badan Usaha Milik Desa. Dan sebagai dasar untuk pelaporan, pengawasan keuangan Badan Usaha Milik Desa.

Karyawan BUMDesa.

Karyawan Badan Usaha Milik Desa juga memiliki kepentingan dalam informasi keuangan Badan Usaha Milik Desa, diantaranya terkait dengan penggajian atau payroll, sehingga laporan keuangan memberikan kepercayaan terhadap Badan Usaha Milik Desa.

Investor Badan Usaha Milik Desa.

Investor untuk menentukan investasinya dan untuk mengamankan investasinya tentu memiliki pertimbangan yang kuat, dan tentunya informasi keuangan Badan Usaha Milik Desa menjadikan salah satu hal yang harus diketahui untuk menentukan sebuah investasi bagi investor Badan Usaha Milik Desa.




Kreditur Badan Usaha Milik Desa

Kreditur memiliki kepentingan untuk mengukur apakah sebuah Badan Usaha Milik Desa layak untuk diberikan pinjaman apa tidak tergantung dari penyajian laporan keuangan Badan Usaha Milik Desa, kesehatan keuangan Badan Usaha Milik Desa menentukan kreditur dalam memberikan pinjamannya agar resiko pinjaman lebih kecil dan mudah untuk dikendalikan.

Konsumen Badan Usaha Milik Desa.

Konsumen juga berkepentingan terhadap informasi keuangan untuk membuktikan transaksi atau lawan transaksi dalam pelaporan pajak dan lain lain, sehingga pemotongan pajak atau pembayaran pajak bagi pihak lain tidak mengalami masalah dalam transaksi.

Auditor Badan Usaha Milik Desa.

Auditor atau pemeriksa keuangan Badan Usaha Milik Desa, bisa auditor daerah dalam hal ini adalah inspektorat maupun BPKP sangat berkepentingan dalam hal laporan keuangan atau informasi keuangan Badan Usaha Milik Desa, karena laporan keuangan Badan Usaha Milik Desa, merupakan informasi yang dijadikan dasar dalam pemeriksaan atau auditing.

Otoritas Pajak Badan Usaha Milik Desa

Otoritas Pajak atau kantor pajak sangat berkepentingan dalam laporan keuangan, karena laporan keuangan badan usaha milik desa digunakan sebagai acuan atau dasar dalam menentukan jumlah pajak dan transaksi transaksi yang kena pajak.




Penentu Kebijakan Badan Usaha Milik Desa

Penentu Kebijakan seperti pemerintah desa dan Badan Permusaywaratan Desa sangat berkepentingan dalam infomasi keuangan badan usaha milik desa, karena untuk menentukan pendirian, laporan dan kebijakan kebijakan lain dalam pemerintahan desa tergantung dari laporan keuangan Badan Usaha Milik Desa.

Masyarakat Desa Atau Pihak Yang Berkepentingan.

Masyarakat sebagai sarana keterbukaan informasi publik, maka laporan keuangan badan usha milik desa sangat penting, hal ini untuk menjaga kredibiltas, akuntabilitas dan kepercayaan masyarakat desa terhadap badan usaha milik desa. ( Supriadi Asia / Biizaa )

Dapatkan panduan akuntansi BUMDes lengkap dengan aplikasinya di Akuntansi Tech.

Apakah tulisan ini bermanfaat?...

Klik bintang untuk menilai

Rata Rata Penilaian 0 / 5. Jumlah Vote: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Bagikan manfaatnya..
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

BIIZAA ASIA
Ada yang bisa kami bantu? .
Image Icon
Profile Image
Biizaa Service Perlu bantuan ? Online
Biizaa Service