Setelah BUMDes didirikan, bagaimana manajemen kinerja bumdes agar sampai tujuan?

BUMDes memiliki tujuan mulia, selain profit juga memiliki tujuan untuk membangun desa melalui kontribusi IDM ( Indeks Desa Membangun ) baik di bidang ekonomi, sosial dan ekologi. Namun setelah BUMDes dianggarkan dalam pembiayaan Desa dan dana sudah ditransfer ke rekening BUMDes, serta dijalankan usahanya, banyak yang tidak tekendali hingga jatuh di perjalanan usaha. Untuk itu selain merencanakan harus tepat dengan BUMDes Model Canvas, juga harus mampu mengawal dengan manajemen kinerja bumdes.

Sebelum mengenal bagaimana manajemen kinerja bumdes, biizaa perkenalkan dahulu apa yang dimaksud dengan manajemen kinerja?

Manajemen kinerja adalah suatu strategi manajemen untuk memastikan atau mengupayakan suatu perusahaan mencapai tujuannya, sesuai dengan visi, misi dan tujuan perusahaan yang tertuang dalam AD/ART nya, atau lebih sederhana adalah tetap tumbuh dan mendapatkan laba. Ada juga manajemen kinerja yang menyebut dengan performance manajemen.




Lalu apa tujuan dari manajemen kinerja?

Ada beberapa tujuan manajemen kinerja, terutama dalam Badan Usaha Milik Desa, yaitu:

  1. Sebagai langkah Strategic, yang artinya sebagai strategi untuk mewujudkan visi, misi dan tujuan BUMDes mencapai tujuannya, baik finansial ( profit / laba ) dan kontribusi pembangunan desa yang terukur dengan IDM ( Indeks Desa Membangun ).
  2. Sebagai Pengendalian Administratif, dengan manajemen kinerja semua kegiatan usaha tercatat dan terukur, sehingga bumdes dapat dikendalikan melalui administrasi, dengan pencatatan dan pelaporan yang mudah dibaca, dipahami, dianalisa dan dilakukan tindakan pengembangan.
  3. Sebagai Pengembangan BUMDes, dengan adanya manajemen kinerja akan diketahui target, ukuran dan inisiasi atau upaya apa yang dilakukan. Dengan terukur maka bumdes mudah dikembangkan.

Apakah Manfaat manajemen kinerja bumdes?

Ada berbagai manfaat manajemen kinerja bumdes, diantaranya:

  1. Manfaat Bagi Perusahaan.
    1. Untuk mengukur perusahaan di posisi apa dengan standart standart manajemen, seperti ISO 9000.
    2. Untuk komunikasi target, ukuran dan apa yang dilakukan bumdes beserta organnya.
    3. Untuk meningkatkan performa atau kinerja badan usaha milik desa.
    4. Untuk roadmap atau peta jalan sukses badan usaha milik desa.
    5. Untuk mempertahankan kinerja dan pencapaian badan usaha milik desa.
  2. Manfaat Bagi Manajemen.
    1. Untuk mengendalikan organisasi agar mencapai tujuannya.
    2. Untuk memperbaiki kinerja maupun individu dalam badan usaha milik desa.
    3. Untuk pengembangan sistem maupun sumberdaya manusia dalam badan usaha milik desa.
  3. Manfaat Bagi Seluruh Pihak Yang Terkait.
    1. Manfaat bagi pembina atau komisaris adalah membantu komisaris untuk mengawasi serta memberikan supervisi kepada pengurus badan usaha milik desa.
    2. Manfaat bagi masyarakat adalah mampu melihat kinerja bumdes, terutama bagi pemilik saham atau investasi di badan usaha milik desa.
    3. Membantu pemerintah desa, daerah maupun di atas untuk memberikan dukungan.

Apa bentuk manajemen kinerja?..




Ada berbagai bentuk manajemen kinerja dalam perusahaan, ada six sigma, lean six sigma, balance score card dan lain lain dalam kesempatan ini biizaa ke depan akan menyampaikan alat atau tools untuk mendukung kinerja badan usaha milik desa sebagaimana bumdes model canvas. ( supriadi asia / biizaa.com ).

Mari bagikan seluas-luasnya manfaat dengan tombol di bawah ini..
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Next Post

Memahami Laporan Keuangan BUMDes dan Contohnya | Download File

Kam Jan 16 , 2020
Menyajikan laporan keuangan BUMDes penting untuk menjelaskan kepada semua pihak akan kinerja BUMDes di bidang Keuangan. Laporan keuangan BUMDes merupakan bahasa usaha atau bahasa bisnis untuk dikomunikasikan dengan stake holder ( pemangku kebijakan ) baik pemerintah desa, pemerintah daerah sampai ke atas maupun kepada masyarakat melalui Badan Permusyawaratan desa ( […]
Nganjuk1
BIIZAA