Gratis aplikasi akuntansi 6 bulan ?
pp no 11 tahun 2021 tentang badan usaha milik desa

Sekilas Tentang PP Nomor 11 Tahun 2021 Tentang BUM Desa

PP No 11 Tahun 2021 Tentang Badan Usaha Milik Desa merupakan angin segar badi Badan Usaha Milik Desa untuk lebih berkembang dan memiliki payung hukum yang lebih jelas. Namun untuk memahami sebuah regulasi atau peraturan dibutuhkan pemahaman baik konstruksi, interpretasi dan sistematika peraturan agar lebih mudah dipahami serta dijalankan oleh Badan Usaha Milik Desa. Dalam hal ini biizaa akan terus mendorong dan dan membantu BUM Desa agar lebih mudah memahami dan menjalankan sebuah peraturan.

Berikut akan kami sampaikan sekilas tentang PP. No 11 Tahun 2021 Tentang BUM Desa sebagai berikut,




Konsideran

Konsideran dari PP No 11 Tahun 2021 Tentang BUMdesa adalah sebagai pelaksanaan Ketentuan Pasal 117 dan Pasal 185 huruf b Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2O2O tentang Cipta Kerja.

Ketentuan Umum

Ketentuan umum merupakan penafsiran otentik atau interpretasi otentik dari Badan Usaha  Milik Desa yang diatur dalam pasal 1 yang menyampaikan tentang defisini, pengertian dan interpretasi Badan Usaha Milik Desas. Adapun pengertian pengertian penting adalah sebagai berikut:

Badan Usaha Milik Desa yang selanjutnya disebut BUM Desa adalah badan hukum yang didirikan oleh desa dan/atau hersarna desa-desa guna mengelola usaha, memanfaatkan aset, mengembangkan investasi dan produktivitas, menyediakan jasa pelayanan, dan/atau menyediakan jenis usaha lainnya untuk sebcsar-besarnya kesejahteraan masyarakat Desa.

Usaha BUM Desa adalah kegiaran cii bidang ekonomi dan/atau pelayanan umum yang dikelola secara mandirt olbh BUM Desa.

Sedangkan Unit Usaha BUM Desa adalah badan usaha milik BUM Desa yang melaksanakan kegiatan bidang ekonomi dan/atau pelayanan umum berbadan hukum yang melaksanakan fungsi dan tujuan BUM Desa. Selain menjelaskan juga menyampaikan bentuk Badan Usaha Milik Desa, serta tujuan Badan Usaha Milik Desa.

Pendirian BUM Desa dan BUM Desa Bersama

Selanjutnya dalam BAB II PP No 11 Tahun 2021 Tentang Badan Usah Milik Desa  dijelaskan tentang Pendirian BUM Desa dan BUM Desa bersama yang melalui mekanisme lebih mudah yaitu pendaftaran lebih mudah melalui sistem informasi desa dan mendapatkan pengesahan dari Kementrian Hukum dan Ham dalam bentuk sertifikasi.




Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga

Pada Bab III mengatur tentang Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga yang ditentukan dalam sebuah musyawarah desa, yang menentukan tentang organ BUM Desa atau BUM Desa bersama dan mengatur hubungan antaa organ BUMDesa serta mengatur tentang hasil usaha.BUM Desa.

Organisasi dan Pegawai Badan Usaha Milik Desa dan Badan Usaha Milik Desa Bersama

Pada Bab IV PP No 11 Tahun 2021 Tentang Badan Usaha Milik Desa mengatur tentang hak dan kewajiban organ BUM Desa serta pegawan BUM Desa dan BUM Desa merupakan organisasi yang terpisah dengan Pemerintahan Desa.

Rencana Program Badan Usaha Milik desa

Bahsa dalam BAB V PP No 11 Tahun 2021 Tentang Badan Usaha Milik Desa di syaratkan bahwa BUM Desa telah menyusun dan memiliki rencana program satu tahun ke depan sebelum tahun buku dimulai, yang artinya tahun buku adalah tahun buku dalam akuntansi atau pembukuan keuangan yang ditentukan oleh BUM Desa.

Kepemilikan, Modal, Aset dan Pinjaman Badan Usaha Milik Desa atau Badan Usaha Milik Desa Bersama

Dalam BAB VI PP No 11 Tahun 2021 Tentang Badan Usaha Milik Desa ditentukan tentang kepemilika BUM Desa, Modal dan penyertaan Modal BUMDesa baik dari penyertaan modal masyarakat atau penyertaan modal desa serta peyertaan modal desa bersama dalam BUMDesa, serta pengelolaan aset dan pinjaman BUM Desa dan BUM Desa Bersama.




Unit Usaha BUM Desa dan BUM Desa Bersama

Pada BAB VII PP No 11 Tahun 2021 Tentang Badan Usaha Milik Desa mengatur tentang Unit Usaha BUM Desa, pengaturan serta pengelolaan unit usaha BUM Desa, Pendirian Unit BUM Desa serta penutupan Unit Usaha BUM Desa.

Pengadaan Barang dan Atau Jasa BUM Desa

Pada BAB VIII PP No 11 Tahun 2021 Tentang Badan Usaha Milik Desa mengatur tentang pengadaan barang, dimana pengadaan barang harus memperhatikan transparansi, akuntabilitas, profesionalitas serta efektivitas, serta yang lebih penting lagi adalah menyampaikan kepada publik tentang belaja jasa dan barangnya.

Kerjasama BUM Desa

Pada BAB IX PP No 11 Tahun 2021 Tentang Badan Usaha Milik Desa Mengatur Tentang Kerjasama BUM Desa, bahwa BUM Desa dapat melakukan kerjasama usaha maupun non usaha kepada pihak lain, dan kerjasama tersebut harus menguntungkan dan menjada masyarakat desa.

Pertanggungjawaban BUM Desa

Pada BAB X PP No 11 Tahun 2021 Tentang Badan Usaha Milik Desa Mengatur tentang pertanggungjawaban BUM Desa dengan membuat laporan per semester dan per tahun, tentang pelakasanaan usaha BUM Desa maupun BUM Desa Bersama.

Pembagian Hasil Usaha BUM Desa

Pada Bab XI PP No 11 Tahun 2021 Tentang Badan Usaha Milik Desa mengatur tentang pembagian hasil usaha dalam hal ini adalah laba bersih yang di hitung alam satu tahun buku dan peruntukan laba tersebut akan digunakan untuk anggaran satu tahun ke depan yang ditentukan oleh dalam Musyawarah Desa.

Kerugian BUM Desa

Pada BAB XII PP No 11 Tahun 2021 Tentang Badan Usaha Milik Desa diatur dalam hal terjadi kerugian, Pengawas BUM Desa melakukan pemeriksaan atau audit serta dapat memohon untuk dibantu oleh auditor independent atau Musyawarah Desa dapat menentukan perintah untuk audit.




Penghentian Kegiatan Usaha BUM Desa dan BUM Desa Bersama

Pada BAB XIII PP No 11 Tahun 2021 Tentang Badan Usaha Milik Desa Diatur tentang  Penghentian kegiatan Usaha BUM Dcsa/BUM Desa bersama rrrerupakan penghentian seh.rruh kegiatanoperasional BUM Desa/BUM Desa bcrsama termasuk seluruh Usaha BUM Desa/BUM Desa bersama yang dimiliki karena kcadaan tertentu yang diputuskan melalui Musyawaralr Desa/Musyawarah Antar Desa dan ditetapkan tialar,r Peraturan Desa/Peraturan Bersama Kepala Desa.

Perpajakan dan Retribusi BUM Desa dan BUMDesa Bersama.

Dalam BAB XIV PP No 11 Tahun 2021 Tentang Badan Usaha Milik Desa tentang perpajakan dan restribusi disampaikan bahwa Pemerintah Baik Pusat Maupun Daerah dapat menentukan insentif atau kemudahan dalam Perpajakan.

Pendataan, Pemeringkatan, dan Pengembangan BUM Desa

Dalam Pasal XV PP No 11 Tahun 2021 Tentang Badan Usaha Milik Desa Menjelasakan bahwa Kementraian melakukan pendataan, pemeringkatan dan pengembangan BUM Desa.

Ketentuan Lain Lain.

BAB XVI PP No 11 Tahun 2021 Tentang Badan Usaha Milik Desa  menentukan tentang Pengelola kegiatan dana bergulir masyarakat eks program nasional pemberdayaan masyarakat mandiri perdesaan wajib dibentuk menjadi BUM Desa bersarna paling larna 2 (dua) tahun terhitung sejak PeraLuran Pemerintah ini diundangkan.

Ketentuan Peralihan

BAB XVII PP No 11 Tahun 2021 Tentang Badan Usaha Milik Desa Ketentuan peralihan mengisyaratkan bahwa BUM Desa dan BUM Desa Bersama yang sudah berdiri akan menyesuaikan paling lambat 1 (satu) tahun sejak peraturan PP No 11 Tahun 2021 ini ditetapkan.




Ketentuan Penutup

Pada saat Peraturan Pemerintah ini mulai berlaku, BAB VIII tentang Badan Usaha Milik Desa, Pasal 132 sampai dengan Pasal I42 Peraturan Pemerintah Nomor 43 Tahun 2Ol4 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2Ol4 tentang Desa (Lembaran I, Negara Republik Indonesia Tahun 2Ol4 Nomor I23, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5539) sebagaimana telah beberapa l:ali diuhah, terakhir dengan Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2OI9 tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Pemerintah Nomor 43  Tahun 2Ol4 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang- Undang Nomor 6 Tahun 2Ol4 tentang Desa (Lembaran  Negara Republik Indonesia Tahun 2Ol9 Nomor 4I, Tambahan Lembaran lVegara Republik Indonesia Nornor 6321), dicabut dan dinyatakan t-idak berlaku.
Untuk lebih lengkap silahkan download PP No 11 Tahun 2021 Tentang Badan Usaha Milik Desa.

Apakah tulisan ini bermanfaat?...

Klik bintang untuk menilai

Rata Rata Penilaian 4 / 5. Jumlah Vote: 4

No votes so far! Be the first to rate this post.

Bagikan manfaatnya..
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

BIIZAA ASIA
Ada yang bisa kami bantu? .
Image Icon
Profile Image
Biizaa Service Perlu bantuan ? Online
Biizaa Service