AYO SEKOLAH ONLINE DI >>
Untitled

Roadmap BUMDes | Peta jalan sukses menuju BUMDes berkinerja unggul.

Untuk mendirikan BUMDes hingga mencapai visi dan misi BUMDes dibutuhkan peta jalan sukses ( roadmap ) sehingga apa yang menjadi visi, misi dan tujuan BUMDes dapat terkendali dan tercapai dengan baik serta bisa dipertanggungjawabkan hasilnya serta bisa diproyeksi masa depan BUMDes. Untuk itu kami akan menyampaikan peta sukseksenya sebagaimana gambar di bawah ini:

Untitled

BUMDes direncanakan dan dirikan menggunakan BUMDes Model Canvas, sebuah alat atau tools untuk mendirikan BUMDes, dengan 11 langkah sebagai berikut:




  1. Langkah pertama adalah dengan menganalisa kebutuhan, masalah dan harapan masyarakat sebagai dasar untuk mendirikan BUMDes.
  2. Langkah kedua adalah memberikan jawaban atas langkah pertama berupa program atau produk BUMDes, baik jasa maupun barang sebagaimana sesuai dengan kebutuhan masyarakat, masalah masyarakat dan harapan masyarakat.
  3. Membangun distribusi atau channel bagaimana produk itu mudah diketahui dan dimanfaatkan oleh masyarakat.
  4. Membangun komunikasi yang harmonis dengan konsumen dan masyarakat untuk mengetahui perubahan perubahan kebutuhan atau perubahan masalah yang harus diselesaikan oleh BUMDes.
  5. Merencanakan langkah langkah kegiatan apa saja yang perlu dilakukan oleh BUMDes.
  6. Merencanakan sumberdaya apa, baik manusia, alat, alam keuangan apa saja yang dibutuhkan BUMDes.
  7. Membangun jaringan atau partner guna menyukseskan tujuan BUMDes yang tidak dimiliki oleh BUMDes tetapi dimiliki oleh pihak lain ( partner ).
  8. Menyusun struktur anggaran atau RAB untuk BUMDes.
  9. Menganalisa dan menyiapkan pendapatan BUMDes diperoleh darimana dalam kegiatan tersebut.
  10. Menganalisa dampak PESTEL ( Politik, Ekononomi, Sosial, Teknologi, Ekologi dan Hukum ) untuk keberlangsungan BUMDes.
  11. Menganalisa Kontribusi BUMDes terhadap IDM ( Indeks Desa Membangun ), serta mengukur kinerja BUMDes.




Setelah BUMDes didirikan dengan BUMDes Model Canvas, maka selanjutnya perlu disiapkan manajemen kinerja agar apa yang dicita citakan atau visi misi bumdes tercapai dalam perjalanannya. Maka butuh alat atau tools apa yang disebut dengan BSC BUMDes atau Balance Scorecard BUMDes, yaitu alat untuk mengukur keseimbangan BUMDes untuk mencapai tujuannya. Ada 8 yang diukur dan diseimbangkan dalam BSC BUMDes, sebagai  berikut:

  1. Kepuasan Konsumen atau Masyarakat, kepuasan atas layanan atau produk BUMDes perlu dijaga dengan baik, agar konsumen atau masyarakat tetap loyal kepada BUMDes.
  2. Kepuasan Keuangan, kepuasan keuangan diukur dengan rasio rasio keuangan sehingga kondisi BUMDes tetap sehat dan memberikan kontribusi terhadap PADes.
  3. Proses Bisnis Internal, yaitu membangun proses bisnis yang efektif, efisien dan ekonomis.
  4. SDM yang terus belajar dan bertumbuh kembang sesuai dengan kebutuhan SDM BUMDes.
  5. Menjaga kontribusi terhadap Indeks Ketahanan Ekonomi Desa.
  6. Menjaga kontribusi terhadap Indeks Ketahanan Sosial Desa.
  7. Menjaga kontribusi terhadap Indeks Ketahanan Ekologi atau lingkungan desa.
  8. Manajemen resiko baik internal maupun ekternal dari BUMDes.




Setelah BUMDes menjalankan keseimbangan tersebut maka BUMDes akan lebih sustainable, yang artinya BUMDes akan mampu menjalankan usahanya berkelanjutan, tidak berhenti di tengah jalan. Namun untuk dibesarkan scalable atau diluaskan jangkaunnya BUMDes harus diukur scalabilitasnya, apakah BUMDes bisa dibesarkan atau diluaskan atau tidak, ada berbagai hal untuk menilai, mulai bahan baku di daerah lain apabila ingin diluaskan, mulai dari konsumen di daerah lain untuk dipertimbangkan jika diluaskan, dan apabila sudah siap dibesarkan ( scalable ) maka disiapkanlah manajemen pengembangannya.

Dan apabila BUMDes sudah mampu berjalan secara otomatis dan sehat kinerjanya serta berkontribusi pada masyarakat, maka BUMDes tersebut menjadi BUMDes Unggul.

Apakah tulisan ini bermanfaat?...

Klik bintang untuk menilai

Rata Rata Penilaian 5 / 5. Jumlah Vote: 2

No votes so far! Be the first to rate this post.


Bagikan manfaatnya..
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

BIIZAA ASIA
Ada yang bisa kami bantu? .
Image Icon
Profile Image
Biizaa Service Perlu bantuan ? Online
Biizaa Service