Gratis aplikasi akuntansi 6 bulan ?
89992061 2896523127035976 8113055817550266368 N

Public Private Partnership Desa, sebagai solusi ekonomi desa dalam VEE ( Village Economic Empowerment ).

Village Economic Empowerment adalah sebuah konsep pemberdayaan ekonomi desa dengan pendekatan masalah desa bisa diselesaikan oleh masyarakat desa itu sendiri dengan bekerjasama dengan pemerintah desa dalam sebuah PPP ( Public Private Partnership ). Kerjasama tersebut bisa diwujudkan dalam sebuah platform OFOB ( One Family One Business ) dimana satu keluarga memiliki satu usaha yang dengan mudah bisa diupload ke toko online keluarga yang terintegrasi dengan toko online Badan Usaha Milik Desa.

Apa yang harus dilakukan baik desa atau BUMDes?..

Desa melalui penyertaan modalnya dan BUMDes melalui kinerjanya dapat membangun sebuah platform yang disebut dengan OFOB ( One Family One Business ). OFOB adalah sebuah toko online multiuser, multi cabang yang dimiliki oleh BUMDes, yang menyediakan setiap anggota masyarakat bisa mendaftar dan dan membuka toko online yang terintegrasi dengan toko online BUMDes. Sehingga setiap anggota masyarakat bisa memiliki toko online dan produk produknya bisa terintegrasi dalam toko online BUMDes. Maka selain produk masyarakat tampil di tokonya sendiri secara otomatis juga tampil di toko online BUMDes. Sehingga seluruh usaha masyarakat, baik perorangan, mikro, kecil dan menengah terintegrasi dalam toko online bumdes ( OFOB ).




Bagaimana kerjasama Publik Private Partnershipnya?

Public Private Partnershipnya adalah Pemerintah Desa melalui BUMDes menyediakan OFOB ( One Family One Business ) yang bermanfaat bagi masyarakat untuk membuka toko online, belajar membuka usaha serta membesarkan usaha karena dalam aplikasi OFOB disediakan LMS ( Learning Management System ) sistem belajar mulai membuka usaha ( start up ) sampai membesarkan usaha ( scale up ) dan juga membantu pemasaran melalui aplikasi OFOB tersebut. Dengan demikian maka akan muncul pengusaha baru, dan meningkatkan usaha masyarakat. Dengan begitu, usaha desa bisa dikembangkan melalui OFOB. Dan tentunya setelah memberikan fasilitas atau manfaat kepada masyarakat Desa bisa meningkatka pendapatan melalui fee admin BUMDes, karena BUMDes yang menjebatani dan menyediakan fasilitas OFOB, maka dengan memiliki pendapatan Fee Admin, pendapatan BUMDes meningkat dan Pendapatan Desa juga meningkat. Begitu juga Pemerintah Daerah, bisa menetapkan Pajak / Retribusi Daerah atas aktivitas tersebut.

Apa manfaat bagi desa maupun pemerintah daerah?

Manfaat bagi pemerintah desa adalah meningkatkan pelayanan masyarakat di bidang ekonomi dan meningkatkan pendapatan BUMDes dan Pendapatan Asli Desa. Sedang manfaat dari Pemerintah Daerah adalah memiliki database usaha dan potensinya di seluruh daerah, serta meningkatkan Pendapatan Asli Daerah dengan menetapkan pajak / retribusi daerahnya.




Apa manfaat bagi masyarakat atau pelaku usaha di Desa?

Masyarakat desa mendapatkan kemudahan belajar dan membuka usaha, serta memasarkan prduknya melalui platform OFOB ( One Family One Business ), dengan cukup menganalisa potensi keluarga yang bisa dijadikan nilai ekonomi, kebun bisa ditanami dan dijual melalui aplikasi OFOB, motor bisa disewakan, punya ketrampilan bisa dijual jasanya, sehingga setiap keluarga bisa memiliki akses ekonomi khususnya dalam bidang pemasaran.

Dimana letak Public Private Partnership atau kerjasama pemerintah dan masyarakat dalam hal ini?

Pemerintah desa maupun daerah atau melalui BUMDes menyediakan platform atau aplikai OFOB ( One Family One Business ) dan mendapatkan peningkatan Pendapatan BUMDes, Pendapatan Asli Desa, Pendapatan Asli Daerah dan masyarakat bisa membuka usaha dan kemudahan dalam manajemen, khususnya pemasarannnya.

Fee Bumdes Ofob
Fee Bumdes Ofob

Darimana pendapatan bumdes, pendapatan asli desa dan pendapatan daerah diperoleh dalam aplikasi OFOB?

Dalam setiap transaksi masyarakat melalui aplikasi OFOB ( One Family One Business ) dan dalam aplikasi tersebut secara otomatis, sudah memotong untuk Fee Admin BUMDes maupun pajak daerah yang ditetapkan dan di konfigurasi dalam aplikasi tersebut.




Dengan Public Private Partnership atau kerjasama antara pemerintah dan masyarakat di desa melalui VEE dan OFOB, maka pemerintah akan lebih memberikan pelayanan ekonomi dan usaha di masyarakart bertumbuh kermbang dan dampaknya adalah peningkatan pendapatan masyarakat, peningkatan pendapatan bumdes, peningkatan pendapatan desa dan peningkatan pendapatan asli daerah. ( supriadi asia / biizaa.com ).

Aplikasi OFOB bisa dicoba digunakan, silahkan baca VEE OFOB.

Apakah tulisan ini bermanfaat?...

Klik bintang untuk menilai

Rata Rata Penilaian 0 / 5. Jumlah Vote: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Bagikan manfaatnya..
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

BIIZAA ASIA
Ada yang bisa kami bantu? .
Image Icon
Profile Image
Biizaa Service Perlu bantuan ? Online
Biizaa Service