Prototipe Economic Development Center Biizaa

Pusat Pemberdayaan Ekonomi atau Economic Development Center adalah sebuah pusat layanan masyarakat bagi pemerintah baik Kabupaten / Kota untuk memberikan layanan pengembangan ekonomi bagi masyarakat. Ada 2 ( dua ) sasaran utama dalam pengembangan ekonomi sebagai berikut :



  1. Pengangguran, meminimalkan angka pengangguran.
  2. Kemiskinan, meminalkan angka kemiskinan.

Dari dua sasaran tersebut di atas dijawab melalui solusi sebagai berikut :

  1. TVET atau Technical Vocational Education Training, yaitu mencetak tenaga kerja untuk siap disalurkan kepada pemberi kerja.
  2. MED atau Micro Enterprise Development, yaitu program inkubasi pengusaha muda untuk dikembangkan menjadi pengusaha dengan bisnis yang layak ( feasible ), berkelanjutan ( sustainable ), hingga mampu ditumbuh kembangkan ( scalable ).
  3. Market Linkage, menghubungkan pasar tenaga kerja dengan pemberi kerja, dan menghubungkan pasar produk usaha mikro ke pasar retail, pasar industri dan pasar goverment.



Seiring dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, maka biizaa telah melakukan riset dan pengembangan prototipe sebuah platform Economic Development Center yang bisa diadobsi oleh Pemerintah Daerah hingga Pemerintah Desa untuk dikembangkan dan dimanfaatkan oleh masyarakat, khususnya pengangguran dan kemiskinan.

Micro Enterprise Development

Micro Enterprise Development adalah sebuah platform untuk mencetak pengusaha muda dengan memberikan bekal kompetensi kewirausahaan sehingga mampu membuka usaha, menjalankan usaha hingga mencapai tujuan usaha adapun feature feature yang disediakan adalah sebagai berikut :



  1. Knowledgbase, yaitu basis pengetahuan dimana platform menyeidikan pengetahuan atau literasi tentang usaha, mulai dari pendiirian hingga mencapai tujuannya. Dengan membangun knowledgebase ini maka masyarakat akan tercukupi pengetahuannya dalam mengambil keputusan di bidang usaha.
  2. Skillbase, yaitu basis keterampilan, dengan menyediakan konten konten pelatihan masyarakat dapat mengakses guna meningkatkan ketrampilan di dunia bisnis dan manajemen, sehingga mampu menjalankan usahanya.
  3. Toolsbase, yaitu basis alat atau teknologi, yang menyediakan berbagai template usaha untuk bisa didownload dan digunakan oleh masyarakat, aplikasi berbasis online yang juga bisa digunakan oleh masyarakat untuk meningkatkan kinerja usahannya.
  4. Market Linkage, yaitu sebuah sistem pasar online dimana masyarakat bisa memposting produk dan dibantu untuk menyambungkan dengan pasar retail, pasar industri hingga pasar pemerintah.



Dengan dukungan knowledgebase, skillbase dan toolsbase, maka akan mempercepat menumbuhkan dunia usaha dan mengurangi angka kemiskinan melalui dunia usaha.

TVET ( Technical Vocational Education Training ).

Merupakan sebuah prototipe program dimana setiap masyarakat bisa mendaftar dan mengakses yang berisi tentang dunia kerja, praktek kerja, dan alat / teknologi yang digunakan dalam pengembanan karir seseorang. Dilengkapi dengan sistem pasar kerja yang menghubungkan antara pencari kerja dan pemberi kerja.



Dalam hal ini biizaa.com siap bekerjasama dengan pemerintah desa hingga pemerintah daerah untuk mengembangkan dan mengaplikasikan Economic Development Center untuk menuju masyarakat yang sejahtera.

Link Economic Development Center.

Bagikan manfaatnya..