Prinsip Pengelolaan BUM Desa dalam PP No 11 Tahun 2021 Tentang BUM Desa

Prinsip Pengelolaan BUM Desa Dalam PP No 11 Tahun 2021 Tentang BUM Desa.

Prinsip pengelolaan BUM Desa dalam PP No 11 Tahun 2021 Tentang Badan Usaha Milik Desa ( BUM Desa ) adalah profesional, terbuka dan bertanggungjawab, partisipatif, prioritas sumber daya lokal, berkelanjutan sebagaimana diatur dalam Pasal 4 PP No 11 Tahun 2021 Tentang BUM Desa yang akan bisa coba jabarkan menurut pemahaman biizaa sebagai berikut.

Dasar Pengelolaan BUM Desa Dalam PP No 11 Tahun 2021 Tentang BUM Desa.

Dasar pengelolaan BUM Desa sebagaimana diatur dalam PP No 11 Tahun 201 Tentang BUM Desa pasal 4 berdasarkan gogong royong dan kekeluargaan. Sifat gotong royong adalah sifat kebersamaan atau bekerjasama dalam menjalankan atau mencapai sesuatu, dengan demikian dalam melaksanakan program BUM Desa, dilaksanakan dengan cara gotong royong. Sedang kekeluargaan adalah mengutamakan asas kekeluargaan, terutama dalam mencapai kesepakatan atau apabila ada masalah / sengketa atau kesalahan diselesaikan secara kekeluargaan melalui musyarawarah desa.




Prinsip Profesionalisme BUM Desa Dalam PP No 11 Tahun 2021 Tentang BUM Desa.

Prinsip profesionalisme merupakan salah satu prinsip pengelolaan BUM Desa dalam PP No 11 Tahun 2021 Tentang BUM Desa, profesionalisme artinya adalah adanya unsur science dan experience, science adalah berdasarkan kaidah kaidah atau prinsip prinsip nilai yang baik, terutama nilai atau prinsip dalam manajemen BUM Desa serta experience yaitu pengalaman dalam mengelola usaha terutama adalah BUM Desa. Sehingga dengan adanya science dan experience, pengelolaan BUM Desa akan terus bertambah bagus.

Prinsip Terbuka dan Bertanggungjawab Dalam PP No 11 Tahun 2021 Tentang BUM Desa.

Prinsip Terbuka dan Bertanggungjawab merupakan salah satu prinsip pengelolaan BUM Desa dalam PP No 11 Tahun 2021 Tentang BUM Desa, sebagaimana diatur dalam Pasal 4 huruf b, terbuka artinya terbuka untuk menerima pendapatan, saran dan informasi yang transaparant sebagaimana diatur dalam peraturan keterbukaan informasi publik. Sedang bertanggungjawab adalah apa yang dilakukan oleh BUM Desa dan Manajemen BUM Desa bisa dipertanggungjawabkan dengan benar atau yang disebut dengan akuntable.

Prinsip Partisipatif Dalam PP No 11 Tahun 2021 Tentang BUM Desa.

Partisipatif juga merupakan salah satu prinsip dalam pengelolaan BUM Desa, oleh karena BUM Desa merupakan milik Desa atau yang notabene adalah milik publik, maka partisipasi dari masyarakat desa sangat diharapkan sehingga produk atau layanan BUM Desa serta manfaat dan labanya bisa mempengaruhi perekonomian masyarakat Desa. Dengan partisipasi kita dapat mengetahui kebutuhan masyarakat untuk dicukupi BUM Desa, masalah masyarakat untuk diselesaikan BUM Desa dan harapan masyarakat bisa diwujudkan BUM Desa sesuai dengan tujuannya.




Partisipatif BUM Desa bisa diwujudkan dalam Musyawarah Desa pada saat pembentukan, penganggaran hingga pertanggungjawaban BUM Desa.

Prinsip Prioritas Sumber Daya Lokal Dalam PP No 11 Tahun 2021 Tentang BUM Desa.

Prinsip selanjutnya adalah prinsip prioritas sumberdaya lokal, artinya bahwa desa atau lokal desa memiliki sumberdaya, baik dalam bentuk sumberdaya manusia, sumberdaya alam, sumberdaya produk, sumberdaya alat dan sumberdaya modal diharapkan atau diprioritaskan dari lokal atau desa itu sendiri, sehingga perekonomian dan penambahan nilai bisa berputar di desa dimana BUM Desa berada.

Prinsip Berkelanjutanan Dalam PP No 11 Tahun 2021 Tentang BUM Desa.

Prinsip berkelanjutan meruupakan prinsip yang diatur dalam PP No 11 Tahun 2021 Tentang BUM Desa pasal 4 huruf e. Berkelanjutan bisa disebut dengan sustainable, sustainable dalam usaha disebut juga dengan going concern, yang artinya perusahaan berjalan terus dengan program programnya baik program jangka pendek dan jangka panjang serta terus berjalan dan berkesinambungan untuk mencapai tarjet jangka panjang tersebut.




Untuk lebih jelas tentang prinsip prinsip pengelolaan dalam PP No 11 Tahun 2021 Tentang BUM Desa, silahkan downloa PP No 11 Tahun 2021 PDF

Untuk menjalankan BUM Desa menjadi going concern, bisa memberikan solusi sistem keuangan baik aplikasi, traning maupun pembelajaran mandiri di Accounting Biizaa.


Bagikan manfaatnya..

BIIZAA ASIA © 2021 Biizaa Asia

Education Template