PERLU TAHU, Strategi Persaingan Politik di Era VUCA..

Seiring perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, kita berada di era VUCA ( Volatility, Uncertanintly, Complexity dan Ambiguity ) yang artinya menggambarkan lingkungan bisnis yang makin bergejolak, kompleks dan tingginya ketidakpastian. Begitu juga dalam strategi pemenangan politik, sehingga tak jarang seorang calon politisi harus mengeluarkan biaya tidak sedikit gara gara tidak memahami kondisi vuca. Biaya bukan untuk kemenangan, tetapi justru karena terlalu fokus pada lawan / pesaing.

Sebelum mengupas strategi pemenangan di era vuca perlu kita pahami dahulu apa yang dimaksud dengan VUCA tersebut. Vuca terdiri dari:

  1. Volatility yang artinya lingkungan bisnis yang labil, berubah amat cepat dan terjadi dalam skala besar.
  2. Uncertaintly atau ketidakpastian,  sulitnya memprediksi dengan akurat apa yang akan terjadi.
  3. Complexity atau keterkaitan, bahwa tantangan lebih rumit, karena semua terkait dan saling mempengaruhi karena penyebaran informasi dan komunikasi.
  4. Ambigiutiy atau kebingungan, bahwa situasi dan kondisi serta prediksi sulit dipahami.

Dibutuhkan ketangkasan dalam menghadapi perubahan untuk menghadapi era vuca tersebut, namun kali ini kita akan membahas tentang persaingan yang terjadi dan persaingan yang sebaiknya dilakukan. Sebagaimana jenis persaingan dalam dunia bisnis ada 3 jenis persaingan sebagai berikut:

  1. ROS atau Read Ocean Strategy, dalam persaingan ini semua orang dianggap pesaing dan bermain di pasar yang sama, tidak membedakan pasar menengah kebawah atau pasar menengah ke atas, kalau dalam politik strategi pemasarannya membabi buta dengan tidak melakukan segmentasi yang tetap. Semua dianggap lawan baik sesam partai maupun beda partai. Sehingga harus mengeluarkan sumberdaya yang tinggi, baik tenaga, keuangan, pikiran dan kesempatan. Red ocean mengakibatkan merah dan berdarah darah.
  2. BOS atau Blue Ocean Strattey, dalam persaingan ini sudah memetakan dengan segmentasi, sehingga hanya bertarung dengan orang orang sesuai dipasarnya, baik sesama partai maupun di luar partai. Ini berat juga untuk dihadapi, walau memilih pasar yang dirasa tetap.
  3. POS atau Purply Ocean Stratry, dalam persaingan ini kombinasi dari ROS dan BOS, dengan cara membangun aliansi sesama pesaing yang menguntungkan dan terukur, artinya terukur adalah bersaing dengan mengukur kemenangan, jumlah pemilih dan kemungkingan / probabilitas kemenangannya. Dengan begitu akan lebih mudah dan murah dalam mencapai kemenangan. Bersama sama mengedukasi market untuk meraih pasar baru, seperti pemilih baru dan lain lain.

Sudah bukan zamannya di era persaingan yang berdarah darah di laut merah ( Read Oceon ), bukan saatnya untuk saling menyerang. Tetapi bersama sama untuk saling mengedukasi politik yang cerdas dan membangun. @Supriadiasia.

Mari bagikan seluas-luasnya manfaat dengan tombol di bawah ini..
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

BIIZAA ASIA