Pergeseran Paradigma Bisnis From Money To Meaning

woman wearing white scarf

Jika dulu bisnis yang dikejar hanya uang ( money ) maka kini bergeser ke makna bisnis ( meaning ). Artinya dulu bisnis hanya berorientasi pada uang untuk mengejar pendapatan dan laba, hal ini mengakibatkan persaingan yang cukup ketat dan bahkan bisa jatuh bersama, dikarenakan daya beli konsumen yang lemah dan diperebutkan oleh berbagai produsen. Apalagi di dukung dengan teknologi informasi dan komunikasi yang berkembang pesat.



Dari situlah banyak perusahaan yang bergeser paradigmanya yang bukan saja mengejar money ( uang ) sebagai target pencapatan laba, tetapi juga mengejar makna ( meaning ) dalam usahannya. Sehingga bisnis lebih empaty, memotivasi dan berdampak rezeki pada perusahaan.

Makna Bisnis

Bisnis adalah sebuah cara memformulasikan sumberdaya alam, sumberdaya manusia dan sumberdana keuangan serta kepemimpinan menjadi manfaat baik dunia dan akherat, sehingga bisnis memiliki makna bukan saja di dunia tetapi di akherat.



Beda Paradigman Money dan Meaning

Paradigma money memfokuskan pada uang yaitu pendapatan hingga laba, dengan cara menekan biaya bahkan sampai pelit atau kikir, hingga memeras konsumen. Tetapi meaning berbeda, meaning adalah menjalankan makna bisnis, yaitu bermanfaat dan setelah bermanfaat baru uang mengikuti dengan kemampuan memonetize apa yang dilakukan.

Dengan meaning kita mampu menjaga sumberdaya alam dengan baik, memanusiakan manusia sebagai mitra yang baik dan sejajar serta memperlakukan uang sebagai alat untuk kebaikan. Dengan begitu bisnis dijalani dengan ketenangan, kemanfaatan baik dunia dan akherat. ( supriadi asia )



Bagikan manfaatnya..