Pentingnya Menyusun Akun / Perkiraan Dalam Akuntansi Perusahaan

Bagan Akun atau juga disebut dengan Cart Of Account atau disingkat dengan COA merupakan hal penting dalam akuntansi perusahaan, karena dengan bagan akun tersebut digunakan untuk mengklasifikasikan atau mengelompokan transaksi transaksi dalam jurnal, serta menghasilkan informasi keuangan perusahaan.




Merencanakan bagan akun sangatlah penting, karena laporan atau informasi keuangan tergantung dari bagan akun yang dibuat oleh perusahaan itu sendiri. Untuk mengetahui modal perusahaan dibutuhkan akun modal, untuk mengetahui harta perusahaan dibutuhkan akun harta, untuk menghasilkan informasi pendapatan dibutuhkan akun pendapatan, begitu juga dengan laba rusi. Untuk itu informasi keuangan yang dihasilkan tergantung perusahaan dalam menyusun akun / perkiraan.

Untuk mendesain sebuah bagan akun butuh dipahami hal hal sebagai berikut :

Kode Akun.

Kode akun atau biasa disebut dengan akun, perkiraan atau rekening adalah sebuah kode yang terdiri dari nomor dan nama akun yang bertujuan untuk mengklasifikasikan pencatatan ( jurnal ) setiap transaksi, sehingga mudah untuk diingat, dipahami dan ditemukan dalam pencatatan, serta menghasilkan informasi keuangan sesuai dengan akun yang dibuat.




Unsur Akun

Unsur akun terdiri dari nomor akun yang berupa angka yang disusun secara sistematis sehingga mudah untuk diurutkan sesuai dengan pengklasifikasiannya. Selain nomor akun adalah nama akun, merupakan sebuah nama akun yang digunakan untuk memberikan nama atau identitas akun sesuai dengan jenis transaksi atau informasi keuangan yang dihasilkan.

Jenis Akun

Jenis akun terdiri dari 3 akun, yaitu kelas akun, yang biasanya terdiri dari kewajiban, harta, pendapatan dan beban yang merupakan unsur dasar atau pokok dalam pembuatan akun. Selanjutnya adalah grup akun, yang merupakan sub atau penjabaran dari kelas akun, sebagai contoh adalah Kelas Harta, yang terdiri dari grup akun harta lancar, piutang, dan harta tetap. Dan yang terakhir adalah akun / perkiraan yang merupakan sub atau bagian dari grup akun yang terdiri dari nama dan kode akun akhir, sebagai contoh apabila kelas akun adalah harta, grup akun harta tetap, maka akun merupakan bagian dari harta tetap yang terdiri dari tanah, bangunan, peralatan usaha, kendaraan serta penyusutannya dan harta tetap tidak berwujud seperti lisensi dengan amortisasinya.




Tips Membuat Akun.

Untuk membuat atau mendesain bagan akun yang terdiri dari kelas, grup dan akun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebagai berikut :

  1. Sederhana, mudah di ingat dan mudah dimengerti untuk para pengguna.
  2. Unik, atau memiliki kode unik yang berbeda antara satu dan lainnya.
  3. Tersusun, tersusun sesuai dengan kelas, grup dan akun.
  4. Fleksible, memberikan ruang untuk penambahan akun baru dalam perjalanan usaha.
  5. Sesuai dengan standart, agar bisa diterima oleh pihak pihak terkait, baik oleh internal, pemegang saham, dan stake holder seperti pajak dan lain lain.

Standart Akun

Jika kita menggunakan aplikasi atau sistem informasi keuangan, biasanya sudah disajikan standart akun sesuai dengan negara, sebagai contoh adalah Bagan Akun Indonesia dengan 4 digit dan 8 digitnya. 4 digit digunakan untuk perusahaan sederhana dan 8 digit digunakan untuk perusahaan yang memiliki banyak akun dalam perusahaan.




Contoh Desain Akun

10000  Aktiva / Asset

10100  Aktiva Lancar

10101 Kas

10102 Piutang Dagang dst

10200 Aktiva Tetap

10201 Bangunan

10202 Tanah dst

20000  Hutang / Liability

20100 Hutang Jangka Pendek

20101 Hutang Dagang  dst

20200 Hutang Jangka Panjang

20201 Hutang pihak ketiga  dst




30000  Modal / Equity

30100 Modal

30200 Prive

30300 Laba Tahun Berjalan

40000  Penjualan / Income

40100 Penjualan

40200 Potongan Penjualan  dst

50000  Harga Penjualan Pokok / Cost Of Good Sold

50100 Pembelian

50200 Potongan Pembelian  dst

60000  Biaya / Expense

60100 Biaya Kantor

60200 Biaya Operasional  dst




70000  Pendapatan Lain-lain / Other Income

70100 Pendapatan Bunga

70200 Laba Selisih Kurs  dst

80000  Biaya Lain-lain / Other Expense

80100 Biaya Bunga  dst

Di atas merupakan contoh desain akun dengan menggunakan 5 digit beserta dengan pengelompokannya. ( biizaa ).

Informasi lebih lanjut tentang membuat rencana bagan akun, bisa menghubungi customer support kami :

Profile Image
Image Icon
Biizaa Service Perlu bantuan ?
Hubungi Kami !
Istirahat


Bagikan manfaatnya..

Updated: 18/10/2021 — 08:16
BIIZAA ASIA © 2021 Biizaa Asia

Education Template