Pentingnya Membangun Knowledgebase Bagi Pemerintahan

Setiap perencanaan pemerintahan memiliki visi dan misi yang diterjemahkan dalam rencana pembangunan. Agar rencana pembangunan dapat diterjemahkan dibutuhkan manajemen kinerja ( performance manajemen ), sehingga seluruh individu dan lembaga mampu untuk memahami dan bergerak bersama untuk menuju pencapaian visi pemerintahan.




Dan untuk menggerakan ( memobilisasi ) seluruh individu dan lembaga terkait dibutuhkan data dan informasi sebagai dasar untuk melaksanakan tugas dan fungsi. Untuk itu dibutuhkan manajemen pengetahuan agar data dan informasi selalu tersedia untuk mendukung pengembilan keputusan tersebut dengan tangkas dan cepat. Untuk itulah butuh dibangun goverment knowledgebase atau basis pengetahuan pemerintahan.

Apa yang dimaksud dengan goverment knowledgebase ?




Goverment knowledgebase adalah goverment knowledgbase adalah sistem informasi dan komunikasi dalam pemerintahan yang menyediakan data dan informasi ( pengetahuan ) yang disusun secara sistematis guna mendukung dan menjawab solusi atas kebutuhan data dan informasi yang digunakan untuk mengambil keputusan organsisasi di setiap level / lembaga pemerintahan.

Bagaimana jika tidak memiliki goverment knowledgebase ?

Apabila pemerintahan tidak memiliki goverment knowledbase, maka yang terjadi adalah kurang efektif dan efisiennya kinerja pemerintahan, karena data dan informasi ( pengetahuan ) tidak tersedia. Karena untuk mencapai tujuan pembangunan dibutuhkan framework ( kerangka kerja ) dan tentunya pengetahuan yang sama. Begitu juga apabila memiliki tujuan keterlibatan masyarakat ( partisipasi ), maka dibutuhkan pengetahuan yang sama, agar tidak terjadi salah pemahaman dan penafsiran.




Bagaimana membangun goverment knowledgebase ?

Membangun knowledgebase diawali dari melihat kebutuhan pengetahuan di setiap sektor atau lembaga pemerintahan, dengan didasari kebutuhan maka dibangunlah knowledgebase nya. Sebagai contoh adalah knowledgebase BUM Desa, tentu bagi Kepala Desa Baru kadang belum memahami apa tentang BUM Desa, agar memiliki persepsi yang sama tentang BUM Desa, maka desa butuh membangun knowledgebase BUM Desa, yang bisa dibaca dan dipahami Kepala Desa baru, sehingga pembangunan tidak terhambat karena lemahnya pengetahuan atau ketidaktahuan.

Membangun knowledgbase diselaraskan dengan visi, misi dan program pembangunan, sehingga dengan menyediakan pengetahuan tersebut, akan memudahkan siapa saja yang terlibat dalam pembangunan.




Apa manfaat dari pembangunan knowledgebase dalam pemerintahan ?

Manfaat utama dari goverment knowledgebase adalah sebagai solusi atas ketidaktahuan. Dengan goverment knowledgebase, pengetahuan disediakan guna meningkatkan kualitas pengembilan keputusan. Karena tanpa pengetahuan pengambilan keputusan juga kurang berkualitas. Pemerintah Desa yang tidak memahami BUM Desa, tidak akan mampu untuk mengambil keputusan penyertaan modal BUM Desa dan bagaimana BUM Desa dikawal untuk mencapai tujuannya.




Selain untuk memenuhi kebutuhan ketidaktahuan, goverment knowledgebase juga mampu meminimalisir kesalahpahaman baik antar individu maupun antar lembaga, karena sama sama memiliki pengetahuan dalam kerangka kerja (framework) yang sama. ( Supriadi Asia ).


Bagikan manfaatnya..

Updated: 09/10/2021 — 08:39
BIIZAA ASIA © 2021 Biizaa Asia

Education Template