Imc
Pemerintah Daerah Pemerintahan Solusi Publik

Pentingnya Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Bagi Dunia Usaha

Laporan Keuangan Pemerintah Daerah yang disingkat dengan LKPD merupakan laporan yang berisi tentang keuangan sebuah pemerintah daerah yang sangat penting bagi kalangan atau dunia usaha. Baik tidaknya laporan keuangan pemerintah daerah sangat menentukan baik tidaknya pula pengusahanya.

Bagi Pemerintah Daerah sendiri, bahwa laporan keuangan memiliki 3 fungsi, diantaranya yaitu:




Yang pertama adalah sebagai akuntabilitas atau pertanggungjawaban berdasarkan undang undang, sehingga dengan membuat laporan keuangan akuntabilitas dapat disajikan. Selanjutnya adalah sebagai manajerial atau mengelola daerah, dengan membuat laporan keuangan maka keuangan daerah dapat dilihat posisinya dan perkembangannya sehingga dapat mengambil keputusan strategis dalam menjalankan pemerintahan. Yang ketiga adalah sebagai controlling atau pengawasan, dengan adanya laporan keuangan maka kinerja pemerintah dapat diawasi oleh pihak pihak yang berkepentingan seperti Dewan Perwakilan Daerah. Oleh sebab itu laporan keuangan sangat penting bagi pemerintah itu sendiri, bukan sekedar kewajiban tetapi memiliki substansi pengelolaan.

Bagi pengusaha atau dunia usaha Laporan Keuangan Pemerintah Daerah sangat penting untuk mengambil keputusan bisnis dengan melihat berbagai hal dalam pemerintah daerah. Untuk masuk dalam sebuah Kabupaten atau Kota Pengusaha akan melihat dahulu posisi serta proyeksi keuangan daerah. Apakah daerah tersebut memiliki belanja yang tinggi, memiliki investasi atau pembiayaan yang tinggi atau pemerintah daerah tersebut tidak memiliki anggaran untuk investasi serta rasio pendapatannya rendah. Baik belanja maupun pembiayaan ( investasi ) pemerintah daerah menjadi perhitungan perusahaan untuk masuk dalam daerah tertentu. Karena akan berkaitan dengan proyeksi infrastruktur, daya beli dan lain lain yang sangat mempengaruhi dunia usaha.




Yang kedua adalah dengan melihat laporan keuangan pemerintah daerah perusahaan mampu membaca perilaku keuangan pemerintah daerah dan impact terhadap daya beli masyarakatnya. Karena pemasaran perusahaan sangat tergantung dari daya beli masayarakat. Apabila daya beli rendah dikarenakan belanja daerah juga rendah maka bagi perusahaan juga sangat beresiko tinggi.

Untuk itu bagi pemerintah daerah yang peduli dengan dunia usaha akan menjalankan akuntansi publik dengan benar serta menyajikan laporan keuangan dengan baik kepada publik, sehingga perusahaan atau investor bisa mengambil dan menggunakan informasi keuangan daerah sebagai alat bantu usaha yang valid dan benar. ( supriadi asia ).





 

Mari bagikan seluas-luasnya manfaat dengan tombol di bawah ini..
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan