Pentingnya Interpersonal Skill Dalam Rumah Tangga, Usaha dan Politik.

Manusia tidak dapat hidup sendiri, oleh sebab itulah manusia disebut sebagai makhluk sosial atau zoon politicon. Dan untuk mencapai kesuksesan, baik dalam keluarga, karir, bisnis, dan politik dibutuhkan interpersonal skill, atau ketrampilan membangun hubungan dengan orang lain.

Pertama kali, kita perlu mengenal apa yang dimaksud dengan interpersonal skill?..


Interpersonal skill adalah ketrampilan yang digunakan seseorang untuk berinteraksi atau membangun hubungan dengan orang lain sesuai dengan tujuannya. Baik tujuan hubungan keluarga, tujuan bisnis, dan tujuan lainnya, seperti bermasyarakat atau berpolitik. Interpersonal Skill juga merupakan life skill atau ketrampilan menjalani kehidupan. Di dalam interpersonal skill ada ketrampilan komunikasi dan perilaku.

Mengapa Interpersonal Skill penting?..

Interpersonal skill sangat penting, karena dengan interpersonal skill tersebut menunjukan kepada dunia siapakah anda, bagaimana anda dilihat dan dipikirkan oleh orang lain. Dan orang yang memiliki interpersonal skill yang baik, akan optimis, baik hati, bersahabat, percaya diri dan kharismatik. Oleh sebab itu interpersonal skill penting untuk dimiliki calon pemimpin pemimpin organisasi baik bisnis maupun organisasi masyarakat.

Lalu apa saja yang dapat kita kembangkan dalam interpersonal skill?..


  1. Komunikasi effektif, yaitu komunikasi yang santun dan mudah diterima dan dipahami oleh orang lain.
  2. Cara Membangun Hubungan Dengan Orang lain.
  3. Empaty, merasakan perasaan orang lain. Dengan mampu merasakan perasaan orang lain, akan memudahkan seseorang untuk berkomunikasi dan mengambil sikap.
  4. Problem Solving atau Pemecahan Masalah. Ketrampilan memecahkan masalah perlu dimiliki dan dikembangkan.
  5. Assertif, atau merubah orang dengan santun tidak agresif atau menyerang.
  6. Social Awwareness, atau kesadaran sosial, memiliki kontrol sosial yang bagus, memahami dan mampu menempatkan diri yang baik di masyarakat.
  7. Perilaku positif, seperti disiplin, jujur dan lain lain.

Apa saja yang tidak diperkenankan dalam interpersonal skill yaitu:

  1. Terlalu Kaku dalam mengambil keputusan atau berinteraksi dengan orang lain.
  2. Agresif atau terlalu agresif menyerang orang lain.
  3. Emosi yang berlebihan, baik emosi positif maupun emosi negatif seperti marah, benci dan lain lain.
  4. Tidak Percaya Dirii, untuk membangun interpersonal skill harus percaya diri, karena apabila dengan diri sendiri saja tidak percaya, maka untuk membuat orang lain percaya juga sulit.
  5. Terlalu berasumsi, mengutamakan asumsi daripada meneliti kebenaran untuk dijadikan sebagai bahan untuk berkomunikasi dan bertindak.




Hal di atas dapat anda gunakan sebagai pertimbangan dalam membangun hubungan dengan orang lain, baik dalam hubungan keluarga, rumah tangga, usaha dan bermasyarakat, salah satunya dalah dalam karir politik. @supriadiasia.

Mari bagikan seluas-luasnya manfaat dengan tombol di bawah ini..
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

BIIZAA ASIA
%d blogger menyukai ini: