Pentingnya BSC ( Balance Score Card ) untuk Badan Usaha Milik Desa.

Badan Usaha Milik Desa, selain memiliki tujuan profit ( laba ) juga memiliki tujuan sosial. Dan tujuan tersebut harus seimbang agar Badan Usaha Milik Desa mendapatkan dukungan dari berbagai pihak, terutama masyarakat. Oleh sebab itu Badan Usaha Milik Desa, perlu mempertimbangkan keseimbangan tujuan baik keuangan ( finansial ) maupun non finansial ( di luar keuangan ).

Untuk menyeimbangkan, menyelaraskan keseimbangan tersebut maka ada alat ( tools ) yang bisa digunakan, yaitu Balance Score Card atau yang disingkat dengan BSC. Balance Score Card akan menganalisa 4 ( empat ) hal utama dalam Badan Usaha Milik Desa, yaitu:

  1. Kepuasan Keuangan atau tujuan keuangan, dalam hal ini kepuasan keuangan pemegang saham dan manajemen ( karyawan seimbang ).
  2. Kepuasan Masyarakat atau Konsumen, dalam hal ini masyarakat yang notabene adalah juga konsumen akan terpuaskan dengan layanan Badan Usaha Milik Desa. Karena tanpa kepuasan masyarakat, maka kepuasan keuangan juga akan sulit di dapat.
  3. Sistem Internal, atau sistem kinerja ( Manajemen ) Badan Usaha Milik Desa, karena tanpa sistem manajemen yang baik, efektif, efisien dan ekonomis kepuasan konsumen dan kepuasan juga sulit di dapatkan, oleh sebab itu sistem internal merupakan hal penting dalam yang perlu dipertimbangkan dalam keseimbangan Badan Usaha Milik Desa.
  4. Pembelajaran dan Pertumbuhan Badan Usaha Milik Desa, dalam hal ini adalah pembelajaran baik sdm maupun organisasi, bagaimana setiap individu bertumbuh dan berkembang, juga bagaimana organisasi Badan Usaha Milik Desa Berkembang.

Empat hal tersebut di atas perlu diseimbangkan demi tujuan Badan Usaha Milik Desa. Lalu apa tujuan digunakannya BSC ( Balance Score Card ) untuk Badan Usaha Milik Desa?..

  1. Mengembangkan Badan Usaha Milik Desa, meningkatkan pangsa pasar, proses usaha dan memiliki pelanggan yang loyal.
  2. Menyelaraskan antara visi, misi dan strategi Badan Usaha Milik Desa dengan kegiatan sehari hari.
  3. Mampu menciptakan sistem usaha yang lebih unggul dari Badan Usaha Milik Desa lainnya ( pesaing ).
  4. Meningkatkan fokus strategi dan hasil yang diharapkan.
  5. Meningkatkan komunikasi Badan Usaha Milik Desa, kepada semua stake holder ( pemangku kebijakan ) dan share holder ( pemegang saham ).
  6. Membangun sebuah sistem untuk mengukur progress dan keberhasilan Badan Usaha Milik Desa.
  7. Meningkatkan kinerja Badan Usaha Milik Desa dengan segala prioritasnya.

Di atas adalah alasan begitu pentingnya Balance Score Card untuk Badan Usaha Milik Desa, sehingga menjadi Badan Usaha Milik Desa yang unggul, memuaskan pendapatan dan laba, memuaskan konsumen dan masyarakat, serta bertumbuh dan berkembang baik sumber daya manusia, organisasi dan sistemnya. @supraidiasia.

========================================================================

Untuk menganalisa dan mendapatkan rekomendasi dengan BSC ( Balance Score Card BUMDes ).

Badan Usaha Milik Desa atau Desa, bisa mengundang kami untuk Workshop ( BSC For BUMDes ).

========================================================================

Mari bagikan seluas-luasnya manfaat dengan tombol di bawah ini..
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

BIIZAA ASIA
%d blogger menyukai ini: