PENTING.. Pemasaran Politik (Inbound Metodology).

Pemasaran politik bukan sekedar menjual direct selling kepada konsumen tertentu dan kecil. Tetapi pada konsumen yang luas dan berbagai macam bentuk atau karakteristik masyarakat. Luasnya daerah pemiihan menentukan strategi pemenangan. Karena tanpa menciptakan sistem calon akan keberatan untuk mengcover banyak tempat dan target. Untuk itu kami memperkenalkan inbound metodology atau metode inbound.

Lawan dari metode inbound adalah metode outbound dan banyak dilakukan di Indonesia adalah metode outbound, yaitu dengan memasang gambar, pamflet, brosur, orasi sosial media dan lain lain. Dan metode itu cenderung melelahkan namun sulit terukur kemenangannya. Sehingga yang terjadi adalah permainan baik tim sukses maupun pihak – pihak lain yang memafaatkan demi kepentingan pribadi.

Ada beberapa langkah metode inbound dari kami, yaitu:

  1. Strangers, yaitu tentang pesan dan isi yang atraktif dan diperhatikan oleh publik. Sehingga menarik perhatian publik kepada calon.
  2. Strangers akan menciptakan visitor atau pengunjung atau orang yang mengenal calon. Dalam hal ini kita sebut visitor.
  3. Visitor atau orang yang mengenal calon, kita convert menjadi lead ( target ) pemasaran politik.
  4. Dan setelah menjadi lead, maka kita convert lagi menjadi timses / relawan.
  5. Setelah menjadi relawan / timses, maka kita convert lagi untuk menjadi promoter.
  6. Dan promoter inilah yang akan bergerak untuk membantu / mensupport kemenangan calon.

Langkah langkah metode di atas hanya bagian kecil dari strategi pemenangan menggunakan metode inbound. Dibutuhkan tools atau alat seperti Political Marketing Intelligent, yang berguna untuk menconvert langkah langkah di atas dan keahlian keahlian lain seperti komunikasi sosial dan lain lain.

Semoga tulisan ini bermanfaat dan bisa dimanfaatkan untuk politisi yang berniat membangun bangsa dan negara. @supriadiasia

Bagikan manfaatnya..