Pengembangan BUM Desa Dalam PP No 11 Tahun 2021 Tentang BUM Desa

Pasal Pengembangan BUM Desa dalam PP 11 Tahun 20211 Tentang BUM Desa.

Pengembangan BUM Desa dalam PP No 11 Tahun 2021 Tentang BUM Desa diatur dalam Pasal 5 yang berbunyi sebaagi berikut:

Pencapaian tujuan BUM  Desa/BUM Desa bersama sebagaimana dimaksud dalam Pasal 3, dilakukan melalui pengembangan fungsi BUM Desa/BUM Desa bersama meliputi:

  1. konsolidasi produk barang dan/atau jasa masyarakat desa;
  2. produksi barang dan/atau jasa;
  3. penampung, pembeli, pemasaran produk masyarakat desa;
  4. inkubasi usaha masyarakat desa;
  5. stimulasi dan dinamisasi usaha ekonomi masyarakat desa;
  6. pelayanan kebutuhan dasar dan umum bagi masyarakat desa;
  7. peningkatan kemanfaatan dan nilai ekonomi kekayaan budaya, religiositas, dan sumber daya alam; dan
  8. peningkatan nilai tambah aset Desa dan pendapatan asli desa.

Dari pasal 5 PP No 11 Tahun 2021 Tentang BUM Desa tersebut coba kami pahami sebagai berikut:




Konsolidasi Produk Barang dan/atau Jasa Masyarakat Desa.

Konsolidasi produk barang dan atau jasa sebagaimana diatur dalam PP No 11 Tahun 2021 Tentang BUM Desa Pasal 5 huruf a, menurut hemat kami adalah mempertemukan antara produk baik barang maupun jasa di desa menjadi suatu produk BUM Desa untuk memenuhi kebutuhan masyarakat desa, menyelesaikan solusi masalah desa dengan produk dan memenuhi harapan masyarakat melalui produk maupun untuk berkembang melayani pasar luar desa. Dengan memadukan antara produk barang dan/atau jasa di desa dengan produk bumdes untuk dipertemukan dengan konsumennya.

Produksi Barang dan/atau Jasa.

Produksi barang dan/atau jasa sebagaimana diatur dalam PP No 11 Tahun 2021 Tentang BUM Desa Pasal 5 huruf b adalah suatu kegiatan mengolah dari bahan baku menjadi bahan jadi sehingga memiliki nilai ekonomi atau manfaat yang disebut dengan produk barang, sedang produk jasa adalah mengolah baik sumberdaya manusia atau alat menjadi manfaaat dan memiliki nilai ekonomi bagi masyarakat. Contoh produksi barang adalah mengolah sumberdaya pertanian di desa seperti padi, menjadi franchise kuliner yang bisa dikembangkan ke seluruh dunia. Contoh dari jasa adalah melatih masyarakat untuk memiliki ketrampilan dan diberikan alat untuk menghasilkan jasa dan mendapatkan nilai ekonomi, sebagai contoh masyarakat diajarkan untuk membuat teknologi aplikasi untuk memenuhi kebutuhan aplikasi di suatu desa atau daerah.




Penampung, Pembeli, Pemasaran, Produk Masyarakat Desa.

Penampung, Pembeli atau Pemasaran Produk Masyaratat Desa merupakan salah satu pengembangan BUM Desa sebagaimana diatur dalam Pasal 5 huruf c PP No 11 Tahun 2021 Tentang BUM Desa, sehingga BUM Des mampu menjadi penampung, pembeli, pemasara produk produk masyrakat desa. BUM Des sebagai holding company dari usaha kecil mikro dan menengah serta koperasi di desa untuk membawa produk ke luar desa atau untuk memenuhi kebutuhan masyarakat desa. Dalam hal ini BUM Desa, bisa membuat aplikasi seperti bumdes.online 

Inkubasi Usaha Masyarakat Desa

Inkubasi Usaha Masyarakat Desa sebagaimana diatur dalam PP No 11 Tahun 2021 Tentang BUM Desa Pasal 5 huruf d menurut hemat kami bahwa BUM Desa dapat mengembankan inkubasi atau pengusaha pengusaha baru di Desa guna mendukung dan bekerjasama dengan BUM Desa. Dengan membangun usaha usaha baru mulai dari start up hingga scale up bersama BUM Desa, akan lebih memperkuat perekonomian desa. Karena BUM Desa yang telah memiliki pengalaman usaha atau manajemen bisa mengajarkan atau membantu sebagai inkubator dalam usaha desa, khususnya adalah pemuda.

Stimulasi Dan Dinamisasi Usaha Ekonomi Masyarakat Desa

Stimulasi dan Dinamiasai Usaha Desa merupakan salah satu pengembangan BUM Desa sebagaimana diatur dalam PP No 11 Tahun 2021 Tentang BUM Desa Pasal 5 huruf e. Stimulasi adalah rangsangan atau dorongan usaha masyarakat desa. Dengan dorongan atau stimulasi baik dalam bidang pelatihan, pengembangan, akses pasar, akses modal dan pendampingan serta market linkage ( jaringan pasar ) maka akan mendorong dan membuat lebih semangat usaha di masyarakat untuk diajak maju dan berkembang.




Sedang dinamisasi adalah penyesuaian usaha ekonomi masyarakat desa, tentunya sesuai dengan kebutuhan pasar untuk dipenuhi, masalah pasar untuk diselesaikan dan harapan pasar untuk diwujudkan, dan hal tersebut terus berubah sesuai dengan trend pasar yang tentunya produk produk dalam masyarakat terutama BUMDes butuh disesuaikan atau di dinamisasi.

Pelayanan Kebutuhan Dasar dan Umum Masyarakat Desa.

Pelayann kebutuhan dasar dan umum masyarakat merupakan pengembangan dari BUM Desa sebagaimana diatur dalam PP No 11 Tahun 2021 Tentang BUM Desa Pasal 5 huruf f. Kebutuhan dasar adalah kebutuhan untuk mempertahankan hidup seperti sembila pokok bahan makanan atau biasa disebut dengan sembako, agar ketahanan pangan masyarakat lebih kuat, sedang kebutuhan atau layanan umum sebagai contoh adalah layanan rumah sakit dan lain lain yang bisa dikembangkan oleh BUM Desa.

Peningkatan Kemanfaatan Dan Nilai Ekonomi Kakayaan Budaya, Religiositas, dan Sumberdaya Alam,

Peningkatan Kemanfaatan dan Nilai Ekonomi Kekayaan Budaya, Religiositas dan Sumber Daya Lama sebagaimana diatur dalam PP No 11 Tahun 2021 Tentang BUM Desa Pasal 5 huruf g, menurut hemat kami bahawa peningkatan kemanfaatan dan nilai ekonomi kekayaan Budaya, Religiositas, dan Sumberdaya Alam adalah tentang pengelolaan yang semula Kekayaan Budaya, Religi dan Sumberdaya Alam yang belum terkelola menjadi dikelola dan memilki nilai ekonomi atau manfaat. Dengan mengolah sumber daya alam, nilai religiositas dan budaya akan menambah kesejahteraan perekonomian di desa, sebagai contoh adalah dengan memanfaatkan sumber daya alam dan budaya untuk dikelola menjadi tempat wisata.




Peningkatan Nilai Tambah Aset Desa dan Pendapatan Asli Desa.

Peningkatan nilai tambah aset desa dan pendapatan asli desa sebagaimana diatur dalam PP No 11 Tahun 2021 Tentang BUM Desa menurut hemat kami aset dan pendapatan desa merupakan aset atau harta yng bisa terus dikembangkan melalui BUM Desa, baik keuangan desa untuk dijadikan penyertaan modal BUM Desa maupun Pendapatan Asli Desa untuk terus dikembangkan melalui BUM Desa yang berdampak pada kemajuan an kemandiran desa.

Di atas merupakan ulasan kami tentang PP No 11 Tahun 2021 Tentang BUM Desa sebagai informasi dari pemikiran kami yang tentuya masih perlu disempurnakan dan perlu diluruskan oleh berbagai pihak, untuk itu harapan kami agar pembaca memberikan komentar dalam tulisan ini.

Untuk lebih jelas memahami PP No 11 Tahun 2021 Tentang BUM Desa, telah kami lampirkan untuk bisa di download PP No 11 Tahun 201 PDF dan untuk bisa mencoba aplikasi pengembanan BUM Desa yang telah kami rancang bisa mengunjungi website kami bumdes.online serta untuk belajar akuntansi bumdes telah kami sediakan media belajar dan aplikasi akuntansi bumdes ( Supriadi Asia ).




 


Bagikan manfaatnya..

BIIZAA ASIA © 2021 Biizaa Asia

Education Template