Pengelolaan Sumber Daya Hutan Dengan Pemberdayaan LMDH

Hutan adalah sumber daya alam, dan sumber daya alam adalah benda mati. Tanpa digerakan oleh manusia tidak akan penambahan nilai ( manfaat ), maka untuk menciptakan nilai kawasan hutan, dibutuhkan sebuah lembaga yang disebut dengan LMDH ( Lembaga Masyarakat Desa Hutan ).

Masyarakat Desa Hutan dan Lembaga Masyarakat Desa Hutan.

Masyarakat Desa Hutan Masyarakat (community) adalah sekumpulan orang yang mendiami suatu tempat tertentu, yang terikat dalam suatu norma, nilai dan kebiasaan yang disepakati bersama oleh kelompok yang bersangkutan. Berdasarkan pada tipologinya, masyarakat desa hutan adalah masyarakat yang mendiami wilayah yang berada di sekitar atau di dalam hutan dan mata pencaharian/pekerjaan masyarakatnya tergantung pada interaksi terhadap hutan.




Lembaga Masyarakat Desa Hutan Lembaga adalah wadah dimana sekumpulan orang berinisiatif untuk memenuhi kebutuhan bersama, dan yang berfungsi mengatur akan kebutuhan bersama tersebut dengan nilai dan aturan bersama. Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) adalah satu lembaga yang dibentuk oleh masyarakat desa yang berada didalam atau disekitar hutan untuk mengatur dan memenuhi kebutuhannya melalui interaksi terhadap hutan dalam konteks sosial, ekonomi, politik dan budaya.

Dari pengertian di atas tujuan dibentuknan Lembaga Masyarakat Desa Hutan adalah untuk mengatur dan memenuhi kebutuhannya melalui interaksi terhadap hutan dalam konteks sosial, ekonomi, politik dan budaya. Dengan demikian maka Lembaga Masyarakat Desa Hutan diharapkan mampu berinteraksi dalam arti mampu mengolah hutan untuk memenuhi kebutuhannya baik secara ekonomi dengan meningkatkan nilai ekonomi kawasan hutan. Politik dalam arti mampu memberikan partisipasi atas kebijakan publik yang berkaitan hutan, dan budaya artinya membangun budaya masyarakat desa hutan, yang menjaga, melestarikan dan menambah nilai ata sumber daya kehutanan.

Oleh sebab itu Lembaga Masyarakat Desa Hutan, perlu diberdayakan baik di bidang ekonomi, mampu mengolah dan menikmati sumber daya hutan untuk peningkatan ekonomi tanpa bertentangan dengan hukum yang berlaku. Mampu meberikan sumbangan politik atas kebijakan kehutanan guna tujuan ekonomi, sosial dan ekologi. Kepekaan sosial bagi anggota Lembaga Masyarakat Desa Hutan perlu dimiliki.




Untuk memahami lebih lanjut, biizaa sertakan buku panduan pembedayaan lembaga masyarakat desa hutan yang bisa di download di sini: Buku Panduan Pemberdayaan Masyarakat Desa Hutan.


Silahkan ajukan pertanyaan, di komentar di bawah ini..

Mari bagikan seluas-luasnya manfaat dengan tombol di bawah ini..
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Next Post

Memahami Revenue Stream BUMDes agar sukses.

Ming Okt 6 , 2019
Sebelum mendirikan Badan Usaha Milik Desa, kita perlu mengetahui berapa target pendapatan satu tahun, lima tahun atau bahkan sepuluh tahun ke depan. Darimana dan bagaimana pendapatan itu diperoleh kita perlu memahami revenue stream. Dalam hal ini biizaa akan menyampaikan tentang revenue stream terhadap Badan Usaha Milik Desa. Revenue Stream sederhananya […]
BIIZAA