Keadilan Kepegawaian Daerah / Desa dan Sistemnya. Bagaimana daerah anda?..

Aparatur Sipil Negara ( ASN ) merupakan human capital ( modal sumber daya manusia ) untuk membangun daerah. Selain modal keuangan daerah dan modal sumber daya alam daerah. Modal keuangan daerah dan modal sumber daya alam / fasilitas daerah adalah benda mati. Tanpa digerakan oleh sumber daya manusia ( human capital ) tidak akan ada penambahan nilai, perbaikan kualitas layanan dan visi misi daerah.

Human capital yang tidak dibangun dengan sistem yang adil akan mengakibatkan demotivasi para pajabatnya, apalagi yang tidak menggunakan sistem tetapai masih menggunakan person ( by person ) yang mengandalkan suka dan tidak suka. Maka dapat dipastikan sistem tidak akan berjalan dan akan disibukan dengan hubungan dan sengketa person di daerah. Lebih tragis lagi apabila menggunakan uang sogok untuk mempengaruhi jabatan. Tentu yang menjadi korban adalah masyarakatnya.

Untuk itu hal diatas perlu dibuat sebuah sistem dan diterapkan dengan baik. Sehingga benar benar terukur dan bisa dikembangkan secara adil sesuai dengan tujuan. Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 4 Tahun 2005 mengamanatkan setiap satuan organisasi pemerintah di tingkat pusat maupun daerah untuk memiliki/menyusun dokumen analisis jabatan dalam rangka melaksanakan kelembagaan, ketata-laksanaan dan kepegawaian yang berbasis pada kinerja.

Ada 3 hal penting yang perlu dipahami dan diaplikasikan, yaitu:

  1. Anjab ( Analisa Jabatan ).
  2. ABK ( Analisis Beban Kerja ).
  3. EvJab ( Evaluasi Jabatan ).

Tiga hal tersebut di atas merupakan kunci pembangunan human capital ( modal sumber daya manusia ) daerah yang mampu memberikan penambahan nilai, layanan yang memuaskan dan sesuai dengan tujuan. @supriadiasia.


Bagikan manfaatnya..
  • 69
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Ada yang bisa kami bantu? .
Image Icon
Profile Image
Biizaa Service Perlu bantuan ? Online
Biizaa Service