Pemasaran Politik (Segmentasi, Strategi & Scorecard).

Sebagaimana dalam bisnis, pemasaran adalah bagaimana mempertemukan produk dengan pembeli, namun itu era dulu. Era sekarang adalah bagaimana mampu memenuhi kebutuhan konsumen dalam hal politik mampu memenuhi kebutuhan pasar.

Di era lama pemasaran politik bagaimana orang bisa dikenal dan dipilih oleh pemilih. Namun di era informasi dan komunikasi berbeda. Tetapi bagaimana seorang kandidat mampu menyelesaikan permasalahan masyarat, memenuhi kebutuhan masyarakat dan membawa harapan masyarakat. Oleh sebab itu maka diperlukan langkah langkah yang tepat dalam pemasaran politik agar kandidat menang dan sesuai dengan kehendak masyarakat.

Ada 3 hal penting yang harus diperhatikan dalam membuat perencanaan pemasaran politik, diantaranya adalah:

 

  1. Segmentasi, dengan melakukan segmentasi kita akan lebih mengenal bagaimana masalah mereka untuk diselesaikan, harapan mereka untuk dipenuhi dan kebutuhan sosial mereka untuk dipenuhi juga. Dengan demikian maka seorang kandidat mampu mempersiapkan langkah langkah apa yang harus dilakukan untuk menjawab semua pertanyaan, permasalahan dan harapan di masyarakat. Segmentasi bisa digolongkan dengan usia, jenis kelamin, profesi dan kelompok kepentingan di masyarakat.
  2. Strategi, dalam menyusun strategi ada hal penting yang perlu diperhatikan, yaitu 1) positioning, yaitu bagaimana menempatkan citra kandidat kita di masyarakat. 2) Citra atau brand dan pernah dituliskan di web ini tentang personal branding, artinya bagaimana membentuk image atau brand kandidat di masyarakat. 3) Campaign, artinya bagaimana mengkomunikasikan citra pada segment tertentu hingga mencapai posisi kandidat di masyarakat menjadi panutan, idola, tokoh atau dibutuhkan dalam masyarakat.
  3. Scorecard, adalah cara menilai hasil pemasaran secara rieltime ( setiap waktu ) hasil serta monitoring dan evaluasinya. Dengan memonitor dan mengevaluasi akan ditemukan informasi sejauh mana positioning atau keberhasilan pemasaran politik. Dan apabila dalam kurun waktu tertentu belum mendapatkan hasil seperti yang ditargetkan, maka bisa dilakukan perbaikan. Monitoring dan evaluasi dapat mengukur keberhasilan serta menyelesaikan masalah masalah denga cepat.

Semoga artikel ini membawa manfaat bagi pejuang pejuang demokrasi dan akan membawa kemenanga calon juga kemenangan masyarakat. @supriadiasia.

Bagikan manfaatnya..