Mengubah Beban Desa Menjadi Pendapatan Desa || 1000 Program Desa Kaya Baru

Desa miskin ada polanya, desa kaya juga ada polanya, tergantung kita mau menggunakan pola desa miskin atau menggunakan pola desa kaya. Ini yang akan membuat desa kita mundur atau maju, miskin atau kaya. Lalu bagaimana desa miskin mampu berubah menjadi desa kaya?…



 

Dalam Program 1000 Desa kaya baru dari biizaa.com maka kita akan membahas satu per satu bagaimana pola desa miskin dan pola desa kaya. Dalam kesempatan ini kita akan membahas tentang asset dan liability desa. Asset adalah segala sesuatu yang menjadikan pemasukan desa. Dan liability adalah segala sesuatu yang mengeluarkan uang dari kas desa atau negara. Apabila liability (beban) lebih besar daripada asset ( pemasukan ), maka dapat dipastikan desa akan terus menjadi beban negara, terus berkurang kekayaannya hingga menjadi miskin yang tidak tertolong karena polanya. Semakin lama semakin miskin desa dan negara.

Maka yang pertama kita harus mememahami apa yang menjadi asset di desa dan apa yang menjadi liability di desa. Secara otomatis setiap manusia memiliki beban ( liability ) termasuk biaya hidup sehari hari seperti makan, minum, pakaian, pulsa atau biaya komunikasi dan lain lain. Apabila semua itu menjadi ditanggung negara, maka juga menjadi beban negara. Jika itu lebih besar dari aset maka negara dapat miskin. Selanjutnya coba kita lihat sumberdaya di desa, baik perangkat sebagai sumberdaya manusia, tanah kas desa sebagai aset sumberdaya alam, keuangan desa sebagai sumberdaya keuangan, apakah itu terus mengeluarkan uang, apakah dapat menciptakan pendapatan. Belum lagi, sumber daya masyarakat, mulai dari masyarakat, tanah masyarakat, modal masyarakat, apakah di diamkan dan tetap membiayai pajak, kebersihan, perawatan, tentu ini akan membuat desa semakin miskin. Uang dimasyarakat yang di diamkan tentu akan termakan inflasi. Tanah yang dibiarkan membutuhkan biaya kebersihan, motor dan mobil yang dibiarkan akan menanggung biaya perawatan, penyusutan pajak dan lain lain. Dan inilah pola miskin yang memiskinkan desa dan negara.



Oleh sebab itulah, maka pola miskin harus segara dirubah menjadi pola kaya. Dengan mengubah liability ( segala sesuatu yang membuat uang keluar ) segerga dirubah menjadi asset ( segala sesuatu yang menjadikan uang masuk ). Mulai waktu, tenaga, pikiran manusia yang membutuhkan makan dan minum, harus dirubah produktif melebihibi kebutuhannya. Tanah yang semua didiamkan, segera rubah ditanami buah atau dibuat toko, sehingga menjadi pendapatan yang melebihi dari beban pajak dan kebersihan.

Jika kita mampu mengubah liability menjadi asset, maka dapat diyakinkan akan ada perubahan ekonomi desa yang signifikan. Tanamilah halaman yang bisa dijual, gunakan waktu daripada nganggur untuk produktif dan menghasilkan, manfaatkan aset desa untuk pemasukan. Dan tugas Kepala Desa adalah memformulasikan antara Sumberdaya Manusia, Sumber Daya Alam, dan Sumberdaya Keuangan menjadi sesuatu yang bermanfaat di desa. Dan mekanismenya bisa melalui Badan Usaha Milik Desa ( BUMDes ).



Dan asset memiliki kekuatan yang luar biasa untuk menjadi kaya, jika kita hanya bekerja dengan gaji UMK maka untuk memiliki rumah saja dibutuhkan bertahun tahun, tetapi apabila kita menciptakan asset seperti kos kosan, maka dengan cepat kita akan bisa membeli rumah baru. Dan dengan mekanisme BUMDes yang menciptakan asset maka akan menjadikan Desa yang Miskin menjadi Desa yang Kaya. @supriadiasia.

Mari bagikan seluas-luasnya manfaat dengan tombol di bawah ini..
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

2 komentar untuk “Mengubah Beban Desa Menjadi Pendapatan Desa || 1000 Program Desa Kaya Baru”

Tinggalkan Balasan

BIIZAA ASIA
%d blogger menyukai ini: