Mengelola Desa / Daerah Ala Universitas Dengan Knowledge Management.

Pengetahuan merupakan hal yang penting dalam membangun sebuah daerah. Karena pengetahuan dijadikan sebagai bahan pertimbangan dalam mengambil keputusan. Seseorang yang tidak mengetahui tentang teknologi akan lemah dalam mengambil keputusan teknologi. Begitu juga dalam pembangunan daerah.

Di era internet, pengetahuan berkembang luas dan bisa di akses dimana saja. Dan itu selain menambah kemajuan juga menambah disparitas atau kesenjangan pengetahuan. Ada yang pengetahuanya tinggi dan ada yang pengetahuannya rendah yang mengakibatkan kesalahpahaman atau persepsi berbeda karena pengetahuan berbeda. Oleh sebab itu dalam manajemen publik pengetahuan harus diolah atau di menej menggunakan knowledge management ( KM ).


Sebelum kita membahas bagaimana daerah mengelola pengetahuan, kita perlu pahami dulu tentang pengetahuan. Pengetahuan adalah apa yang bisa ditangkap dengan panca indera kita dan tersimpan di memori otak yang akan mempengaruhi kita dalam mengambil keputusan. Ada beberapa jenis pengetahuan, yaitu:

  1. Explicit Knowledge, merupakan pengetahuan yang dapat dilihat atau tertulis (dokumen, buku dsb)
  2. Tacit Knowledge, pengetahuan yang tersembunyi/ tidak kasat mata (terletak pada benak manusia).

Untuk membangun explicit knowledge daerah perlu membangun perpustakaan, sehingga kebutuhan pengetahuan apa yang dibutuhkan oleh masyarakat dinas yang membawahi perpustakaan telah menyediakan pengetahuan tersebut. Untuk membangun Tacit Knowledge maka pemerintah daerah perlu menyediakan media sharing knowlege atau berbagai pengetahuan bagi orang yang dianggap berpengetahuan lebih kepada yang kurang.

Banyak orang pintar dan berpengetahuan luas, tetapi tidak pernah dibagikan karena belum memahami transfer knowledge dan transfer knowledge dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:


  1. Socialization : perpindahan pengetahuan dari tacit ke tacit (berbagi dengan tatap muka)
  2. Externalization : perpindahan pengetahuan dari tacit ke explicit (buku, dokumen, menulis, merekam, dsb)
  3. Combination: perpindahan pengetahuan dari Explicit ke Explicit (pengorganisasian, pengetahuan explicit : sistem informasi, perpustakaan)
  4. Internalization: perpindahan pengetahuan dari Explicit ke tacit (pengetahuan explicit diserap manusia : membaca, mendengar, menonton, dsb)

Jika di atas dilakukan oleh pemerintah daerah, maka perkembangan pengetahuan akan berjalan cepat, walau daerah tersebut tidak memiliki perguruan tinggi sebagai agen perubahan ( agent of changes ).

Lalu bagaimana Pemerintah Daerah mempercepat transfer knowledge kepada masyarakat agar masyarakat memiliki pengetahuan yang bagus dan akan mendukung pembangunan daerah?…

Yang pertama adalah membuat portal pengetahuan ( intranet portal knowledge ), dengan portal pengetahuan maka masyarakat bisa mengakses pengetahuan yang dibutuhkan dengan baik dan mampu mendukung keputusan pembangunan. Portal pengetahuan ini bisa melalui website pemerintah maupun dengan perpustakaan secara online.



Yang kedua adalah dengan knowledge sharing session, seperti mengadakan pertemuan pertemuan dengan komunitas yang saling berbagi informasi yang positif dan membangun. Denan knowledge sharing session transfer pengetahuan dari orang yang kaya akan pengetahuan kepada masyarakat akan cepat berkembang.

Dengan demikian informasi yang diberikan oleh Dinas Infokom bukan sekedar acara Kepala Daerah, Acara Pemerintah yang bersifat ceremonial, tetapi informasi atau pengetahuan yang benar benar dibutuhkan oleh masyarakat dan membantu kesuksesan masyarakat. Begitu juga perpustakaan harus mampu mentransformasi dari tacid knowlegde ke explicit knowledge, yang akan menumbuhkan penulis baru atau penyedia informasi atau pengetahuan yang baru, positif dan bermanfaat bagi masyarakat.

Sehingga siapa saja yang menjadi warga desa / daerah itu menjadi manusia yang berwawasan dan berpengetahuan luas dan akan mendukung pembangunan karena memiliki pertimbangan dan persepsi yang sama. Desa dan Daerah bisa menjadi PERGURUAN TINGGI bagi [email protected]

Mari bagikan seluas-luasnya manfaat dengan tombol di bawah ini..
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

BIIZAA ASIA
%d blogger menyukai ini: