Pemasaran Online

Mengapa pemasaran online gagal ?

Di era teknologi informasi dan komunikasi pemasaran online merupakan suatu kebutuhan penting untuk mendukung pemasaran offline. Apalagi pada saat ada pendemi, dan tentu orang banyak melakukan pemasaran online tetapi mengapa pemasaran online gagal akan biizaa kupas permasalahannya.

Mengapa pemasaran online gagal?




Yang pertama adalah salah mindset, bahwa dalam pemasaran online bukan dimulai dari memiliki produk apalagi yang disukai oleh produsen. Tetapi pemasaran online dimulai dari kebutuhan konsumen untuk dipenuhi dalam pemasaran online dan masalah konsumen untuk diberikan solusi dalam pemasaran online. Sehingga pemasaran online gagal karena dimulai dari produk dahulu dan kebingungan melakukan pemasaran, bahkan sumberdaya baik waktu, tenaga, pikiran dan uang akan habis untuk pemasaran online.

Yang kedua adalah tidak menganalisa pesaing, karena dalam pemasaran online dengan segala kemudahannya akan melahirkan pesaing pesaing baru dalam pemasaran online. Pesaing harus dianalisa sebagai benchmark atau tolok ukur baik produk, layanan maupun strategi. Dengan merasa puas dan hebat justru akan menjatuhkan diri kita dan dikalahkan oleh pesaing pesaing kita yang tentunya lebih cepat dan akurat dalam bersaing.




Yang ketiga adalah tidak menggunakan teknologi yang tepat, bahwa kemampuan manusia saja terbatas oleh waktu, tenaga, pikiran dan kesempatan, sedang pesaing dan konsumen dalam pemasaran online sangat ketat. Tanpa alat bantu yaitu teknologi akan berat untuk laris dan mampu bersaing dan lainnya. Oleh sebab itu alat bantu atau engine marketing harus dimiliki oleh seorang pemasar online.

Yang ketiga mengapa pemasaran online gagal adalah karena tidak memiliki database calon konsumen, sehingga tidak tahu konsumennya siapa, berapa jumlahnya, berapa calon pembeli potensialnya dan bagaimana mana perilakunya. Memiliki database konsumen sekaligus memiliki teknologi untuk mengolah menjadi informasi pemasaran online selanjutnya digunakan untuk mengambil keputusan dalam pemasaran online adalah sangat penting.




Yang ke empat mengapa pemasaran online gagal adalah tidak didukung oleh lini belakang yang seimbang, artinya apabila pemasaran online nya sudah di dukung dengan teknologi yang canggih beserta konsumen yang banyak, tetapi lupa untuk mempersiapkan mulai bahan baku, produk atau supplyer ( pemasok ) dengan baik, maka banyak pembeli tetapi barang tidak siap.

Ke empat hal tersebut di atas merupakan alasan mengapa suatu pemasaran online sepi pembeli atau gagal dalam persaingan sehingga justru menjatuhkan bisnis dalam dunia online, yang seharusnya dunia online sebagai sarana ampuh dalam pemasaran online. ( supriadi asia ).

Mari bagikan seluas-luasnya manfaat dengan tombol di bawah ini..
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan komentar

BIIZAA ASIA