Mengapa konsumen tidak membeli ke UMKM / BUMDEs ?.. Pahami Perilakunya.

Dalam pemasaran hal yang penting kita ketahui adalah tentang perilaku konsumen dalam melakukan pembelian. Sehingga dengan memahami perilaku ini kita tidak akan mengalami kerugian akibat memproduksi sesuatu yang tidak sesuai dengan perilaku konsumen.

Berikut biizaa sampaikan tentang perilaku atau alur konsumen dalam membeli, dan mohon untuk perhatikan gambar dibawah ini:

Pada tahap pertama orang membeli karena membutuhkan, karena punya masalah yang ingin diselesaikan dan yang ketiga adalah memiliki harapan yang perlu dijawab dengan kepuasan. Lalu apabila konsumen telah menyadari memiliki masalah, kebutuhan dan harapan maka konsumen akan melangkah ke tahap kedua.



 

Tahap kedua adalah mencari informasi, mencari informasi dimana produk atau layanan di dapatkan, dengan harga berapa dan fasilitas atau kemudahan apa yang diberikan. Pastikan BUMDes anda memiliki metode iformasi yang selalu masuk dalam pencarian masyarakat yang membutuhkan. Apabila masyarakat tidak mendapatkan informasi tentang produk atau layanan BUMDes, maka juga tidak akan terbeli produk atau layanan BUMDes tersebut.

Tahap ketiga adalah mengevaluasi, tentu konsumen tidak hanya mencari informasi di BUMDes anda, tetapi juga mencari informasi di produsen atau penjual lainnya di luar desa atau bahkan daerah. Sehingga produk atau layanan BUMDes, tidak laku. Dalam hal ini BUMDes harus menetapkan posisinya sebagai produk yang dipilih oleh Masyarakat dengan menambahkan kemudahan atau fasilitas lain yang menjadi nilai tambah daripada produk dari pihak lain.

Tahap Keempat adalah Pembelian, apabila produk atau layanan BUMDes sudah melewati tahap 2 dan tiga maka terjadilah pembelian. Saat pembelian BUMDes bisa melakukan up selling atau cross selling, up selling itu menawarkan produk lain untuk mendukung produk yang pertama. Sebagaimana di rumah makan, setelah kita beli makanan akan ditawari minuman.


Dan yang kelima adalah tahap pasca pembelian, ada berbagai macam perilaku pasca atau setelah pembelian, ada yang puas, ada yang tidak puas dan ada yang komplain, sehingga ini perlu manajemen yang bagus. Usahakan pembeli puas dan akan membeli lagi ( repeat order ) atau bahkan membantu menjualkan produk kita dengan bercerita kepada orang lain ( customer engagement ). Semoga tulisan ini bermanfaat untuk menambah wawasan pengelola Badan Usaha Milik Desa dan kita semua. @supriadiasia.

Mari bagikan seluas-luasnya manfaat dengan tombol di bawah ini..
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

BIIZAA ASIA
%d blogger menyukai ini: