Mengapa BUMDes Tidak Bisa Dinikmati Masyarakat?..

BUMDes sebagai solusi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, mengatasi masalah masyarakat serta untuk menjawab harapan harapan masyarakat secara menyeluruh bisa dipahami dalam BUMDes Model Canvas , dan salah satu dari bagian dari BUMDes Model Canvas di langkah ke 3 adalah Channel Distribusi.

Channel Distrisbusi merupakan jawaban atas ” Mengapa BUMdes tidak bisa dinikmati masyarakat? ” walau tujuannya adalah untuk masyarakat. Karena BUMDes tidak membangun channel distribusi. Channel distribusi merupakan langka ke 3 dalam BUMDes Canvas, yang sebelumnya yaitu:



  1. Menganalisa Kebutuhan Masyarakat.
  2. Menganalisa Masalah Masyarakat.
  3. Menganalisa Harapan Masyarakat.

Selanjutnya Langkah Ke 2 membuat nilai ( manfaat ) dalam bentuk produk atau layanan BUMDes yang merupakan jawaban dari Langkah Pertama. Dan produk atau layanan BUMDes tersebut adalah benda mati, ibarat kita investasi peralatan berupa mesin molen, tetapi jika mesin molen itu tidak dikomunikasikan kepada masyarakat dan tidak diantar kepada masyarakat yang menggunakan atau menyewa maka mesin molen tersebut juga tidak akan pernah laku, tidak akan pernah bermanfaat bagi masyarakat desa dan tidak akan laba.

Maka di langkah ke 3 adalah membuat channel distribusi yang bermanfaat untuk mempromosikan atau mengenalkan produk atau layanan Badan Usaha Milik Desa kepada masyarakat, sehingga tahu bahwa BUMDes memiliki jasa sewa molen. Dan itu saja tidak cukup, maka perlu adanya distribusi, karena tidak semua masyarakat bisa membawa molen itu kerumahnya untuk dimanfaatkan, maka BUMdes perlu mempersiapkan alat transportasi untuk mengangkut moleh ke rumah warga yang membutuhkan.

Tidak harus BUMDes memiliki mobil untuk mengangkut, tetapi BUMdes bisa bekerjasama dengan masyarakat yang memiliki angkutan untuk itu. Pada intinya langkah ke 3 channel distribusi adalah, bagaimana seluruh masyarakat tahu jika BUMDes memiliki produk dan layanan, dan bagaimana produk itu bisa dimanfaatkan oleh masyarakat dan imbalannya adalah pendapatan serta laba Badan Usaha Milik Desa.



Untuk itu langkah ke 3 ini tidak kalah penting dengan langkah pertama dan kedua, karena di langkah ke tiga inilah BUMdes mampu memeperoleh pendapatan dan memperoleh laba dari produk dan layanannya. @supriadiasia.

Mari bagikan seluas-luasnya manfaat dengan tombol di bawah ini..
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

BIIZAA ASIA
%d blogger menyukai ini: