Menata Ekonomi Di Era Pandemi Dengan Sharing Economy

Pandemi dan kebijakan publik dalam bentuk lockdown telah menghentikan aktivitas ekonomi konvesional dan tentunya ini sangat mengganggu perekonomian mikro ( rumah tangga dan perusahaan ) juga ekonomi makro ( fiskal / pendapatan negara ) yang tentunya beresiko terhadap perekonomian suatu negara. Oleh sebab itu dibutuhkan strategi ekonomi agar mampu bertahan ( survive ) hingga mencapai pertumbuhan ekonomi yang diharapkan atau direncanakan.




Berangkat dari fenomena ekonomi di atas, maka konsep sharing ekonomi sangat cocok digunakan dalam kemampuan bertahan dengan efisiensi sumberdaya dan berkolaborasi sumberdaya yang ada di saat perekonomian dalam kondisi lemah. Ilustrasinya, mengapa kita hanya membeli bor listrik yang hanya kita butuhkan beberapa jam sedangkan tetangga memiliki bor listrik yang bisa kita sewa. Di sisi lain kita tidak perlu membuang banyak uang untuk membeli bor listrik yang sekiranya tidak kita gunakan lagi, di sisi lain tetangga akan mendapatkan uang sewa dari bor listriknya yang menganggur. Maka dibutuhkan platform sharing ekonomi untuk mempertemukan antara yang memiliki sumberdaya, dalam hal ini adalah bor listrik dan kita yang membutuhkan atau penyewa.

Melihat dari pemahaman dan contoh di atas, yang dimaksud dengan sharing economy adalah ekonomi berbagi, atau ekonomi saling memanfaatkan sumberdaya untuk mengurangi konsumsi dan meningkatkan nilai ( manfaat ) antar manusia di suatu negara. Dengan demikian maka tidak banyak investasi atau dana terbuang untuk membeli sesuatu yang tidak bermanfaat dikemudian hari dan dimakan oleh penyusutan atau depresiasi.




Logikanya, jika setiap rumah tangga membeli bor listrik yang hanya dipakai satu atau dua jam sudah berapa uang satu negara yang terhenti menjadi bor listrik dan dimakan penyusutan / depresiasi, tentunya ini mengakibatkan negara yang konsumtif dan terlalu banyak uang yang hangus dimakan depresiasi.

Sharing economy atau ekonomi berbagi adalah mempertemukan antara pemilik sumberdaya untuk dibagikan kepada pihak lain untuk saling mendapatkan manfaat dalam suatu platform atau aplikasi yang bisa terdiri sebagai berikut :




 

Co Working Platform.

Co Working Platform, merupakan sebuah platform atau aplikasi untuk berkolaborasi dalam suatu pekerjaan dengan cara berbagi data, informasi, komunikasi, file, tugas dan pencapaian dalam suatu platform, sehingga tidak harus investasi kantor sendiri, peralatan sendiri dan transportasi menuju kantor, tetapi mampu mengerjakan setiap tugas organisasi baik perusahaan maupun pemerintahan dalam sebuah platform yang lebih efektif, efisien dan ekonomis. Dalam hal ini biizaa telah menyediakan jasa platform Biizaa Co-Working Platform.

Landing Platform.

Funding and Lending Platform adalam mempertemukan antara pihak yang surplus keuangan dan pihak yang membutuhkan keuangan, sehingga yang memiliki surplus keuangan dapat meminjamkan kepada pihak yang membutuhkan keuangan dengan mendapatkan hasil jasa dan pihak yang meminjam mendapatkan akses keuangan dengan biaya jasa lebih murah. Dengan mempertemukan antara yang surplus keuangan dengan yang membutuhkan keuangan akan meningkatkan efisiensi dari pinjaman bunga tinggi.




Moda Platform.

Moda Platform merupakan platform untuk mempertemukan antara profesional atau pihak yang memiliki pengetahuan dan ketrampilan dengan orang yang membutuhkan tenaga kerja profesional. Dengan moda platform suatu pekerjaan seseorang bisa dikerjakan olah pihak lain dengan lebih murah, efektif dan efisien. Sebagai contoh adalah apabila suatu perusahaan membutuhkan jasa desain grafis, maka tidak harus merekrut desainer grafis yang harus membayar bulanan dan hanya dipakai untuk mendesain beberapa hari. Tetapi bisa menawarkan dalam sebuah platform freelancer untuk diketahui dan dibidding atau ditawar projectnya oleh para desainer grafis yang lebih bagus dan murah.

Hal hal tersebut diatas dapat bermanfaat untuk menyelesaikan perekonomian suatu negara agar lebih efisien, efektif dan ekonomis untuk bertahan ( survice ) dan bertumbuh lagi sesuai dalam perencanaan ekonomi. ( Supriadi Asia ).


Bagikan manfaatnya..
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Updated: 08/07/2021 — 07:29
BIIZAA ASIA © 2021 Biizaa Asia
Ada yang bisa kami bantu? .
Image Icon
Profile Image
Biizaa Service Perlu bantuan ? Online
Biizaa Service