Memproyeksi Pendapatan Melalui Sistem Customer Relationship Management

Tanpa perencanaan pendapatan dan tanpa data potesni pendapatan kita akan dapat pendapatan sekedarnya, tetapi jika kita optimalkan pendapatan kita juga akan menghasilkan pendapatan yang optimal. Dan tentunya kita butuh memproeksi pendapatan. Maka alat yang dibutuhkan adalah sebuah aplikasi CRM ( Customer Relationship Management ) yang bisa dipesan di biizaa.com



Proyeksi Pendapatan

Proyeksi pendapatan adalah sebuah informasi untuk meramalkan posisi pendapatan kita di masa yang akan datang yang telah ditentukan, sehingga kita tahu arah pencapatan pendapatan yang akan kita terima secara signifikan. Sebagai contoh adalah ketika kita memiliki calon pembeli 10 orang dan dalam data kita setiap orang memiliki potensi membeli 10.000.000 maka potensi pendapatan kita adalah Rp. 100.000.000

Apa manfaat proyeksi Pendapatan ?

  1. Memiliki ukuran dalam pencapaian target pendapatan.
  2. Mampu memproyeksi pendapatan dapat digunakan untuk membayar kewajiban baik jangka pendek ( likuiditas ) maupun jangka panjang ( solvabilitas ).
  3. Memiliki arah manajemen untuk menggerakan di setiap lini perusahaan.
  4. Memotivasi team akan pendapatan yang akan diperoleh.



Bagaimana memproyeksi pendapatan ?

Pendapatan dapat diproyeksi melalui sistem CRM ( Customer Relationship Management ) sebagaimana gambar di bawah ini:

biizaa crm

Gambar di atas merupakan sebuah dashboard peluang dala CRM yang menyebutkan peluang peluang penjualan berbagai layanan di sebuah perusahaan pengembangan software. Selanjutnya menyampaikan posisi dalam level penjualan, mulai dalam posisi prospek atau pencarian peluang, pengajuan proposal, negosiasi hingga sampai close ( penutupan penjualan ).  Dan yang terakhir adalah jumlah atau nilai project yang berbentuk nilai uang. Sehingga dengan mengetahui angka angka tersebut akan dapat diproyeksi pendapatan dalam setiap level pemasaran.



Bagaimana menganalisa proyeksi pendapatan dengan likuiditas ?

Likuiditas adalah kemampuan perusahaan untuk membiayai kewajiban jangka pendek, sebagai contoh adalah gaji pegawai, dengan mengetahui posisi hutang pegawai dalam akuntansi, bisa dianalisa dengan proyeksi pendapatan. Apakah pendapatan yang akan diterima mampu untuk membiayai gaji atau tidak. Sehingga bisa diukur antara kemampuan perusahaan membayar kewajiban jangka pendek dengan proyeksi pendapatan yang akan diterima.

Bagaimana cara mendapatkan aplikasi CRM yang bisa digunakan untuk menganalisa pendapatan ?



Banyak aplikasi CRM yang bisa digunakan, dan banyak pula yang opensource dimana anda hanya cukup menyediakan domain dan hosting saja untuk menggunakannya. Biizaa Asia memberikan fasilitas dalam installasi, setup dan pelatihan pemanfaatan aplikasi CRM sesuai dengan kebutuhan perusahaan anda.

Untuk informasi lebih lanjut tentang CRM bisa menghubungi di customer service kami di link whatsapp di bawah ini :’


Bagikan manfaatnya..

Updated: 09/12/2021 — 08:20
BIIZAA ASIA © 2021 Biizaa Asia

Education Template