Mempercepat Memperlincah Mempertangkas Usaha Di Era Teknologi

Di Era Teknologi Informasi yang terjadi perubahan begitu cepat, ketidakpastian, saling keterkaitan pengaruh dan kebingungan dibutuhkan kecepatan, kelincahan dan ketangkasan dalam menghadapinya. Untuk itu dibutuhkan strategi bagaimana kita mampu lincah dan cepat serta tangkas dalam menghadapinya.



Strategi Lini Belakang.

Strategi lini bekalang adalah strategi memiliki data dan informasi sumberdaya, baik sumberdaya uang atau modal, sumberdaya manusia dan sumberdaya bahan baku atau alat, dengan memiliki data dan informasi yang lengkap tentang lini bekalang, kita akan cepat untuk menciptkan sebuah produk yang dibutuhkan oleh konsumen. Tetapi apabila kita tidak memiliki lini belakang, ada peluang dan perubahan peluang kita akan kesulitan dan lambat untuk menciptakan produk.

Lini Tengah

Lini tengah adalah lini produkti atau operasi untuk memproses sumberdaya ( lini belakang ) menjadi sebuah manfaat dalam bentuk produk atau layanan. Lini tengah adalah sebuah sistem, sistem yang secara efektif dan efisien mampu menciptakan produk dari lini belakang untuk disajikan lini depan. Dan tentunya bagaimana dari bahan baku hingga siap dimanfaatkan oleh konsumen di sinilah dibutuhkan sistem.



Lini Depan

Lini depan adalah sebuah lini yang terdiri dari data dan informasi tentang konsumen lengkap dengan kebutuhan, masalah dan harapannya. Dengan mengetahui kebutuhan, masalah dan harapan kita akan tahu peluang kita untuk diproses lini tengah dengan sumberdaya lini belakang.

Oleh karena yang menjadi masalah dan hambatan karena perkembangan teknologi, maka butuh dihadapi dengan teknologi pula, adapun teknologi di 3 lini tersebut adalah sebagai berikut :

Lini belakang dapat menggunakan system ERP ( Enterprise Resource Planning ) sebuah sistem yang mengolah lini belakang baik keuangan, sumberdaya manusia, bahan baku atau supplyer yang memudahkan untuk mengambil keputusan bisnis dalam menciptakan produk.

Lini tengah dapat menggunakan system SCM ( Supply Chain Management ) atau manajemen rantai pasok, dimana mempercepat dan memperlancar mulai dari bahan baku hingga siap dimanfaatkan konsumen.



Lini depan dapat menggunakan system CRM ( Customer Relationship Management ) sebuah system yang mengolah data calon pelanggan dengan segala kebutuhan, masalah dan harapan hingga menjadi informasi peluang, hingga konsumen yang loyal untuk membeli kembali.

Baik ERP, SCM dan CRM itulah yang akan mampu menghadapi gejolak teknologi yang begitu cepat. ( biizaa team ).

Bagikan manfaatnya..