AYO SEKOLAH ONLINE DI >>

Membangun Sistem Informasi Perdagangan Desa Melalui BUMDes.

Di setiap desa memiliki banyak usaha mikro kecil dan menengah ( UMKM ), koperasi serta BUMDes, maka untuk meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan desa bisa dibangun sistem informasi perdagangan desa. Dengan sistem informasi tersebut akan diketahui potensi atau produk produk desa baik dari UMKM maupun koperasi untuk dibangun sistem informasi perdagangan desa oleh BUMDes sebagai holdingnya.




Bagaimanakah sistem informasi perdagangan desa?..

Sistem informasi perdagangan desa adalah sistem informasi yang mengola data sumberdaya manusia, sumberdaya alam dan sumberdaya modal untuk diolah menjadi produk, serta mengolah data produk baik jasa di desa untuk mempermudah diperdagangkan atau dipasarkan secara komputerise atau digital. Pada intinya adalah bagaimana data sumberdaya alam, sumberdaya manusia, sumberdaya modal sumberdaya produk baik jasa maupun barang dioleh menjadi informasi untuk mendukung keputusan dalam perdagangan dan pemasaran melalui teknologi informasi dan komunikasi.

Apa bentuk sistem informasi perdagangan desa?

Bentuk sistem perdagangan desa dapat berupa toko online atau onlineshop dimana masyarakat yang memiliki produk baik jasa maupun barang bisa mengupload atau memposting produknya, dengan begitu desa memiliki data produk baik barang maupun jasa di desa. Dan BUMDes bisa membangun sistem pemasaran ke luar, baik ke pasar langsung ( retail ), industri atau pasar pemerintah lainnya.




Sebagai contoh adalah apabila suatu desa memiliki potensi bawang merah, maka dengan memiliki data petani dan produk bawang merah ataupun turunannya seperti bibit bawang merah, maka melalui BUMDes dapat dipasarkan ke pasar retail ( pembeli langsung ), pasar industri seperti perusahaan mie instant yang membutuhkan bawang merah dan membangun bawah pemasaran pemerintah lain, sebagai contoh adalah memenuhi kebutuhan bibit bawang merah seluruh dinas pertanian bawang merah seluruh Indonesia. Dengan begitu maka BUMDes dapat dengan mudah memasarkan dan mendistribusikan produk di desa untuk dipasarkan ke pembeli langsung, industri maupun pemerintahan.

Siapa yang menjalankan Sistem Perdagangan Desa?

Yang menjalankan sistem perdagangan desa bisa melalui BUMDes sebagai holding atau pihak yang memasarkan produk produk baik barang maupun jasa di desa. Dan tentunya BUMDes medapatka fee admin atau pendapatan dari masyarakat yang menjual produknya melalui BUMDes. Dengan demikian masyarakat bisa diuntungkan mendapat dukungan BUMDes dalam pemasaran, dan BUMDes memperoleh pendapatan laba dari masyarakat, dengan begitu roda perdagangan atau perekonomian berputar.

Apa saja yang perlu dibangun dalam sistem perdagangan desa?




Yang pertama perlu dibangun dalam sistem perdagangan desa adalah lini belakang, lini belakang adalah lini sumberdaya, baik sumberdaya alam, sumberdaya manusia, sumberdaya modal dan produk yang tersusun sistematis dan siap dengan mudah untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Yang kedua adalah perlu dibangun lini depan, yaitu lini pemasaran, dimana BUMDes membangun jaringan pemasaran baik ke pasar langsung, pasar industri maupun pasar pemerintah.

Lalu apa saja yang dibutuhkan untuk membangun sistem perdagangan desa?

Yang pertama adalah perlu domain dan hosting, domain adalah alamat domain yang biasanya dibelakar ada ekstensi .com .org dan lain lain, sebagai contoh adalah www.desasesela.com, setelah memiliki domain dan hosting anda perlu memiliki CMS ( Content Management System ).

Yang kedua adalah memiliki CMS ( Content Management System ) bisa berupa drupal, wordpress atau CMS lainnya sebagai sistem informasi manajemen yang nantinya akan di isi dengan toko online. CMS ibarat komputer atau handphone adalah windows atau androidnya.




Yang ketiga adalah memiliki aplikasi toko online yang akan dipasang di CMS, seperti add on di drupal maupun plugin di wordpress. Dengan memilik add on atau plugin toko online yang terinstall di CMS, maka desa sudah bisa membuatkan toko online untuk membangun sistem informasi perdaganan desa dimana masyarakat bisa memposting atau menjual produknya dan BUMDes mendukung penjualannya. ( supriadi asia / biizaa ).

Untuk konsultasi membangun sistem informasi perdagangan desa, serta mendapatkan domain, hosting dan install baik CMS maupun aplikasi toko onlinenya, bisa menghubungi kami di whatsapp 085645524839.




 

Apakah tulisan ini bermanfaat?...

Klik bintang untuk menilai

Rata Rata Penilaian 0 / 5. Jumlah Vote: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.


Bagikan manfaatnya..
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

BIIZAA ASIA
Ada yang bisa kami bantu? .
Image Icon
Profile Image
Biizaa Service Perlu bantuan ? Online
Biizaa Service