Membangun Sistem Informasi Akuntansi Untuk UMKM dan BUM Desa Bagi Pemerintah Daerah

Usaha yang bisa diselesaikan masalahnya dan dapat dikembangkan adalah usaha terukur sehingga tahu mengapa tidak mencapai target dan tahu apa saja yang dapat dikembangkan. Maka pemerintah daerah dapat membangun sistem informasi akuntansi sebagai layanan kepada masyarakat untuk digunakan baik untuk usaha mikro kecil dan menengah, koperasi dan BUM Desa. Bagaimana konsep pembangunan sistem informasi akuntansi tersebut akan dipaparkan oleh biizaa.com sebagai berikut.



Jenis Sistem Informasi Akuntansi

Jenis sistem informasi akuntansi adalah berbasis web atau online, sehingga bisa diakses siapapun, dimanapun dan kapanpun oleh masyarakat yang membutuhkan. Dengan demikian masyarakat hanya menyediakan perangkat / device saja untuk menggunakannya. Bahkan apabila digunakan oleh usaha yang memiliki beberapa tempat, jenjang level dapat dilakukan secara integrasi.

Sistem Informasi Akuntansi Berbasis ERP

Sistem informasi akuntansi berbasis ERP ( Enterprise Resource Planning ) adalah sistem informsi akuntansi yang sudah menghubungkan semua lini sumberdaya, baik sumberdaya bahan baku dengan supplyernya, sumberdaya pemasaran dengan database konsumennya, sumberdaya manusia dan sumberdaya sumberdaya lain yang dibutuhkan untuk merencanakan suatu produk atau layanan. Dengan demikian akan mempercepat pengambilan keputusan dalam perencanaan produk dan layanan yang tentunya mempercepat menggerakan perekonomian daerah.



Feature Sistem Informasi Akuntansi

Feature sistem informasi akuntansi menyesuaikan dengan kebutuhan usaha mikro, kecil dan menengah baik di bidang jasa, perdagangan dan manufaktur lengkap dengan kebutuhan laporan keuangan seperti neraca, laba rugi, arus kas, perubahan ekuitas dan catatan atas laporan keuangan.

Dengan sistem informasi akuntansi yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat, usaha mikro kecil dan menengah maka pemerintah daerah akan mampu meningkatkan layanan publik dan tentunya akan mendapatkan manfaat diantaranya sebagai berikut :

  1. Usaha masyarakat baik UMKM, Koperasi dan BUM Desa semakin baik, terukur dan bisa diproyeksi masa depannya.
  2. Pemerintah daerah memiliki database UMKM, Koperasi dan BUM Desa untuk dikembangkan melalui program atau kegiatan.
  3. Pemerintah daerah dapat memantau perkembangan usaha baik UMKM, Koperasi dan BUM Desa di daerah.
  4. Pemerintah daerah dapat mengintegrasikann pajak daerah dalam sistem informasi akuntansi, sehingga meningkatkan pendapatan daerah.



Dengan sistem informasi akuntansi online dan terintegrasi sangat bermanfaat bagi tata kelola perekonomian daerah serta memberikan layanan publik yang baik dan bermanfaat bagi masyarakat.

Apabila pemerintah daerah membutuhkan contoh sistem tersebut, bisa menghubungi kami di nomor 085645524839. ( biizaa.com )

Bagikan manfaatnya..