Membangun Perekonomian Desa Melalui Pembangunan Database Konsumen

Indeks Ketahanan Ekonomi di Desa merupakan salah satu indikator untuk meningkatakn perekonomian desa menuju desa mandiri. Dan salah cara untuk membangunnya adalah melalui akses pasar, dimana desa memfasilitasi masyrakat untuk menjual produk ke luar desa baik dalam bentuk konsumen retail ( langsung ), konsumen bisnis ( industri ) maupun konsumen pemerintahan ( goverment ).

Kita harus menyadari bahwa model bisnis mengalami perubahan sejak lahirnya teknologi informasi, dimana yang dulu bisnis dimulai dari membuat produk, kini bergeser ke kebutuhan konsumen, artinya kita punya data konsumen lengkap dengan kebutuhan, masalah dan harapannya dahulu lalu membuat produk untuk memenuhinya.



Oleh karena paradigma konsumen terlebih dahulu, maka untuk meningkatkan perekonomian desa butuh dibangun database konsumen, baik konsumen retail ( eceran ), konsumen bisnis ( industri ) dan konsumen pemerintahan ( goverment ) dengan menggunakan sistem CRM Desa ( Customer Relationship Management Desa ).

Apakah CRM Desa ?

CRM ( Customer Relathionsip Managemeng ) Desa adalah sebuah sistem informasi online yang ditujukan untuk mengumpulkan data prospek untuk dijadikan pembeli hingga dijadikan pelanggan ( konsumen ), sehingga pemasaran memiliki arah dan ukuran yang bisa diproyeksi.

Bagaimana CRM Desa mengumpulkan data konsumen ?

Untuk mengumpulkan data prospek hingga menjadikan pembeli sampai pelanggan, banyak hal yang bisa dilakukan mulai dengan membuat web desa dengan membuat form berlanggan, maka otomatis akan memiliki database dari form berlangganan, contohnya adalah langganan artikel dan lain lain. Yang kedua adalah membuat toko online desa, dengan adanya orang yang mendaftar sebagai pelanggan saat transaksi, maka data akan terekam menjadi data konsumen, yang bisa difollow up untuk ditawari produk lain atau selanjutnya.



Selain itu bisa juga mengumpulkan secara manual database calon konsumen pembeli langsung ( retail ) database konsumen bisnis ( industri ) di sekitar desa, dan database konsumen pemerintahan ( goverment ) seluruh Indonesia. Dengan memiliki database tersebut pemasaran dapat dilakukan secara terus menerus.

Siapa yang menjalankan pembangunan database ekonomi tersebut ?

Pembangunan database tersebut dilakukan oleh BUM Desa, sehingga BUM Desa memiliki database calon konsumen yang siap untuk dipenuhi dengan produknya sendiri atau apabila ada peluang pasar bisa dikerjakan bersama sama dengan masyarakat. Yang utama adalah BUM Desa memiliki database konsumen tersebut.

Apa saja yang dibutuhkan untuk membangun database konsumen tersebut ?



 

Yang pertama dibutuhkan adalah webisite baik dalam bentuk blog atau berita untuk membangun database konsumen melalui form subsriber / pelanggan. Yang kedua adalah memiliki toko online untuk membangun database pelanggan melalui form tanya jawab konsumen atau konsumen yang mendaftar sebagai pelanggan dahulu, sehingga database bisa dikoleksi. Yang ketiga adalah sistem CRM ( Customer Relationship Management ) yang mengelola database calon konsumen tersebut untuk ditawari agar menjadi pembeli dan di folllow up menjadi pelanggan yang beli kembali.

Untuk memiliki paket lengkap baik blog / berita / toko online / customer relationship mangement, bisa menghubungi tem kami di link whatsapp di bawah ini :

Profile Image
Image Icon
Biizaa Service Perlu bantuan ?
Hubungi Kami !
Istirahat

Bagikan manfaatnya..