Membangun BUM Desa Menjadi Holding Atas Usaha Di Desa

BUM Desa sebagai mekanisme korporasi dalam menyelesaikan isu dan problem di desa dalam menjalankan aktivitasnya selain untuk tujuan profit ( laba ) yang berkontribusi pada Pendapatan Asli Desa, juga untuk tujuan benefit ( manfaat ) bagi masyarakat desa.

Untuk itu selain memenuhi kebutuhan masyarakat, juga diperlukan bagaimana menciptakan kegiatan ekonomi di desa dengan meningkatkan produktivitas masyarakat desa. Yang bisa dilakukan BUM Desa adalah menjadi holding atas usaha mikro, kecil dan menengah desa, untuk didukung terutama dalam pemasaran ke luar desa.




Untuk itu dibutuhkan manajemen publik untuk mengelola tata niaga atau perdagangan dengan melalui toko online multivendor desa. Dimana sebuah sistem informasi perdagangan yang memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk memposting dan menjual produknya melalui toko online BUM Desa.

Apa toko online multivendor desa ?

Toko onlin multivendor desa adalah sebuah toko online dimana masyarakat bisa ikut aktif untuk menjadi supplyer baik jasa maupun barang di toko tersebut dan memberikan fee admin atau prosentase penjualan kepada BUM Desa. Sehingga di toko online tersebut terdiri dari berbagai penjual dari masyarakat sedangkan desa melalui BUM Desa dapat memungut fee atau retribusi pada penjual apabila laku.

Apa saja feature dalam Toko Online Multivendor Desa ?




  1. Pusat Informasi, merupakan pusat informasi baik usaha maupun produk bagi BUM Desa dan masyarakat desa.
  2. Pusat Komunikasi, merupakan pusat komunikasi perdagangan baik BUM Desa maupun usaha masyrakat desa.
  3. Pusat Transaksi, sebagai pusat jual beli baik BUM Desa dan masyarakat desa.

Selain hal tersebut di atas maka terdapat feature feature secara langsung sebagai berikut :

  1. Laporan Penjualan, yang berisi tentang pesanan, stok, keuangan dan fee BUM Desa.
  2. Posting Produk, setiap masyarakat bisa mendaftar dan memposting produk di toko online dan memiliki nama toko sendiri dan produk produknya sebagai vendor.
  3. Integrasi Jasa Pengiriman, toko online terintegrasi dengan jasa pengiriman yang secara otomatis akan menghitung harga jasa pengiriman.
  4. Integrasi Payment Gateway, yaitu integrasi pembayaran melalui payment gateway dengan pesan, sehingga setiap pesanan memiliki kode tagihan.




Dengan feature feature di atas, maka masyarakat bisa memasarkan produknya di toko online multivendor BUM Desa dan BUM Desa mendapatkan fee admin atau prosentase penjualan dari setiap transaksi yang telah disepakati sebelumnya.

Apa manfaat bagi Desa ?

Manfaat yang pertama adalah membangun informsi usaha di desa, dengan membuat toko online multivendor tersebut secara otomatis desa memilik database dan informasi tentang usaha mikro, kecil dan menengah di desa, sehingga lebih mudah untuk mengambil keputusan / kebijakan desa untuk membangun perekonomiannya.

Manfaat kedua adalah dengan mendapatkan fee dari penjualan, pendapatan BUM Desa akan meningkat yang secara otomatis akan meningkatkan pula Pendapatan Asli Desa nya.




Salah satu contoh toko online multivendor adalah BUM Desa Rukun Sejahtera, Desa Kurungrejo, Kecamatan Prambon Kabupaten Nganjuk yang bisa dilihat di website / aplikasinya www.rukunsejahtera.store. ( biizaa business ).


Bagikan manfaatnya..

Updated: 21/10/2021 — 08:29
BIIZAA ASIA © 2021 Biizaa Asia

Education Template